Resource & Energy

Pupuk Kaltim Sabet Predikat Lighthouse Industry 4.0

Photo Credits: Kementerian Perindustrian

PT Pupuk Kalimantan Timur yang mendapatkan predikat Lighthouse Industry 4.0 dari Kementerian Perindustrian (Kemenperin). Perusahaan ini dinilai mampu melakukan implementasi transformasi industri 4.0, dan diharapkan dapat menjadi role model bagi perusahaan lain di Indonesia.

“Implementasi teknologi industri 4.0 dalam aktivitas bisnis Pupuk Kaltim, merupakan dukungan terhadap implementasi Making Indonesia 4.0 melalui berbagai inovasi berbasis digital yang diterapkan di perusahaan,” kata SEVP Komersil Pupuk Kaltim Meizar Effendi di Jakarta, Jumat (27/11/2020).

Selain itu, lanjut Meizar, pihaknya juga mengapresiasi terhadap kegiatan Awards INDI 4.0 sebagai bentuk dukungan terhadap percepatan pemulihan industri nasional melalui akselerasi transformasi industri 4.0 yang terus didorong oleh pemerintah.

“Capaian ini menjadi komitmen dan konsistensi Pupuk Kaltim dalam mengimplementasikan teknologi berbasis industri 4.0 di seluruh lini perusahaan, mulai dari Smart OperationSmart MaintenanceSmart Distribution, hingga Digital Performance Management System,” sebutnya.

Melalui berbagai inovasi yang diterapkan dari hasil transformasi industri 4.0, Pupuk Kaltim mampu meningkatkan kinerja secara signifikan, hingga berdampak pada pencapaian target serta daya saing perusahaan. “Implementasi industri 4.0 di Pupuk Kaltim tak lepas dari faktor kultur SDM, dimana karyawan turut berperan aktif di masing-masing unit kerja,” imbuhnya.

Bahkan, penerapan digitalisasi industri juga menjadi langkah dalam menjawab tantangan disrupsi masa kini, untuk terus mampu menghadapi iklim kompetisi yang semakin ketat. “Apalagi di tengah pandemi COVID-19, Pupuk Kaltim terus berupaya maksimal untuk meningkatkan performa perusahaan melalui transformasi bisnis yang berorientasi pada implementasi industri 4.0, dengan menerapkan Artificial Intelligence dan metode forecasting,” papar Meizar.

MARKETEERS X








To Top