Mantan CEO Bukalapak Resmi Gabung Kemenko Marves

profile photo reporter Bianca Astira
BiancaAstira
03 Januari 2022
marketeers article
Mantan CEO Bukalapak Rachmat Kaimuddin resmi lepaskan posisinya untuk bergabung dengan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) sebagai Technology Sustainability Development Special Advisor. Pada jabatannya saat ini, Rachmat bertugas untuk memberikan laporan dan masukan pribadi ke Luhut Binsar Pandjaitan yang merupakan Menko Maritim dan Investasi. Teka-teki yang sudah tersiar beberapa hari lalu, dimana perwakilan Bukalapak menyebut Rachmat Kaimuddin dikabarkan mengundurkan diri dan bergabung dengan salah satu kementerian Tanah Air akhirnya terjawab.
Luhut menyatakan bahwa kehadirannya Rachmat Kaimuddin bisa dibilang adalah bentuk komitmen pemerintah dalam memberikan kebermanfaatan untuk masyarakat kuas sekaligus upaya mendorong transformasi yang besar. Khususnya, dalam bidang pembangunan teknologi. Ia menambahkan Indonesia masih memiliki banyak pekerjaan yang memerlukan kepiawan seperti yang dimiliki Rachmat untuk kedepannya. Luhut juga mengungkap telah mengenal sosok Rachmat Kaimuddin yang memiliki gelar Bachelor of Science dari Machachusetts Institute of Technology, Cambridge ini cukup lama. Oleh sebab itu, tak heran latar belakang pendidikan dan pengalamannya sebagai pemimpin yang dimiliki Rachmat di berbagai industri dan sektor, termasuk teknologi merupakan nilai penting pada tugas barunya.
“Banyak program-program yang memerlukan pemikiran-pemikiran yang tajam, cerdas dan cermat, serta berorientasi pada market. Profesionaitas yang telah ditekuninya selama ini yang membuat sosok Rachmat diperlukan dan ditunggu kontribusinya dalam membangun negeri ini. Agenda utamanya adalah untuk mendukung berbagai program kerjasama Kemenkom Marves yang telah diamanahkan oleh President Republik Indonesia,” ujar Luhut pada konferensi Senin, (03/01/2021).
Dalam waktu yang bersamaan, Rachmat Kaimuddin yang resmi menjadi penasihat Luhut Pandjaitan mengaku kesempatan yang diberikan ini merupakan kehormatan besar baginya. Pasalnya, kesempatan untuk bekerja dan membantu negara telah ia bayangkan sejak kecil.
“Saya berharap dengan bekerja dan memberikan tenaga serta pemikiran saya secara maksimal dapat membuat Indonesia yang jauh lebih baik,” ungkap Rachmat.
Editor: Eko Adiwaluyo

Related