Rahasia Mengatasi Rasa Kesepian ala Nicholas Saputra

marketeers article
Ilustrasi hobi fotografi, rahasia Nicholas Saputra agar tidak merasa kesepian (Foto: 123rf)

Hidup tanpa pasangan, bagi sebagian orang, memang bisa mengundang rasa kesepian. Akan tetapi, lain halnya dengan Nicholas Saputra, yang blak-blakan tentang perasaannya sebagai seorang jomlo pada usia 40 tahun. 

Bintang The Architecture of Love itu mengaku tidak pernah kesepian meskipun belum memiliki pasangan, bahkan justru merasa lega. Hal ini ia sampaikan dalam salah satu konten YouTube Raditya Dika yang diunggah pada Jumat (3/5/2024).

“Enggak, itu justru malah sangat melegakan. Enggak pernah merasakan (kesepian) soalnya. Enak banget itu,” ucapnya menjawab pertanyaan sang komika yang bertanya apakah ia pernah merasa kesepian.

BACA JUGA: Sinopsis The Architecture of Love, Film Terbaru Nicholas Saputra

Aktor kelahiran 24 Februari 1984 itu lantas membeberkan alasannya tak pernah kesepian, yaitu karena melakoni berbagai hobi, termasuk fotografi. Menurut Very Well Mind, mendalami hobi memang bisa menjadi salah satu cara untuk mengalihkan pikiran dari rasa sepi.

Selain mengusir rasa sepi, hobi ternyata juga menyimpan segudang manfaat untuk kesehatan mental dan fisik. Berikut ulasannya yang dirangkum dari berbagai sumber:

Mengurangi Stres

Studi yang dipublikasikan dalam Annals of Behavioral Medicine pada 2015 membuktikan bahwa seseorang yang memiliki hobi merasa lebih tidak stres. Kegiatan ini juga bisa membuat detak jantung lebih lambat, sehingga memberi efek menenangkan.

Meningkatkan Kesehatan Mental

Studi yang dimuat dalam Taylor & Francis Online pada 2016 menunjukkan bahwa melakukan hobi dapat meningkatkan kesehatan mental sekaligus menyembuhkan masalah mental. Sebab, kegiatan ini dapat membantu meningkatkan rasa percaya diri dan hubungan sosial.

BACA JUGA: 3 Tipe Calon Mertua yang Perlu Dipertimbangkan Lagi sebelum Menikah

Membuat Bahagia

Banyak penelitian yang menyebut kalau hobi dapat membuat bahagia. Khususnya journaling, kegiatan ini bisa membantu menyeimbangkan emosi negatif dengan melepas hormon dopamin dan serotonin, sehingga menghasilkan rasa bahagia.

Menjaga Kesehatan Tubuh

Hobi yang melibatkan aktivitas fisik, seperti bersepeda, dapat membuat tubuh lebih sehat. Hal ini juga akan membuat Anda merasa lebih bersemangat mengalokasikan waktu untuk menjalani olahraga.

Demikianlah manfaat melakukan hobi selain mengusir rasa kesepian, yang jadi andalan Nicholas Saputra. Apakah Anda memiliki cara lain agar tidak merasa hampa tanpa pasangan?

Editor: Ranto Rajagukguk

Related