Lifestyle & Entertainment

Raih Golden Disc Awards 2022, Ini Kekayaan IU yang Gemar Berdonasi

IU
https://www.instagram.com/dlwlrma/

Korea Selatan saat ini menjadi negara yang berhasil melahirkan serangkaian figur publik yang menginspirasi di kancah dunia. Seperti sosok Lee Ji Eun atau yang akrab dikenal IU.

Baru-baru ini ia berhasil meraih penghargaan bergengsi di Golden Disc Awards 2022 dalam kategori Digital Daesang. Pasalnya, bukan hanya lewat beragam karya dan kepiawaiannya yang banyak menginspirasi, perempuan yang memiliki vokal yang kuat ini juga memiliki kepribadian yang baik hati.

Kebaikan hatinya dapat dilihat dari bagaimana ia berdonasi secara rutin dengan jumlah yang cukup membuat kaget tanpa diketahui publik. Dalam rangka menutup tahun 2021, IU memberikan donasi sebesar 200 juta won atau sekitar Rp 2 miliar untuk ChildFund Korea.

Tak hanya itu, tepat di usianya yang ke 28 tahun pada 16 Mei 2021 lalu, IU menggelontorkan 500 juta won atau setara dengan Rp 5,9 miliar ke beberapa yayasan kanker anak dan Asosiasi Keluarga Ibu yang tidak menikah di Korea Selatan. Bahkan, disaat ia merilis albumnya yang bertajuk Lilac, ia dan penggemarnya juga menggalang dana sekitar 100 juta won atau setara Rp 1,2 miliar untuk membantu keluarga dengan orang tunggal dan penyandang disabilitas.

Bahkan, di saat perpanjangan kontrak dengan agensi, ia meminta untuk memberikan kenaikan gaji kepada 40 anggota staf yang telah bekerja dengannya. IU juga sempat mendukung empat siswa berprestasi untuk melanjutkan pendidikan tinggi melalui beasiswa yang ia berikan. Tak heran ia mendapat julukan sebagai Nation’s Little Sister dan Nation’s Sweetheart.

Jumlah kekayaan IU sepanjang tahun 2021 diperkirakan mampu mencapai USD 45 juta atau setara dengan Rp 656 miliar. Dari mana saja sih datangnya pendapatan IU?

1. Youtube
Berdasarkan daftar idol K-Pop yang dirilis dari Forbes, IU menjadi salah satu idol K-Pop yang meraih pendapatan tinggi dari YouTube di tahun 2021. Totalnya, IU yang memiliki pengikut hingga 7,18 juta berhasil mencapai pendapatan dari YouTube hingga USD 1,4 juta atau senilai Rp 20 miliar

2. Produksi Lagu
Sebagai penulis lagu dan penyanyi solo, IU telah memiliki lebih dari 50 lagu yang ia tulis sendiri. Dengan kemampuannya tersebut, IU berhasil menjaga performa dengan berada di tangga teratas pada setiap perilisan lagunya. Bahkan sebagian lagunya mendapatkan sertifikat Perfect All Kill di industri K-Pop. Diungkap oleh Institute Penelitian Bisnis Korea, IU berada di posisi keempat dari brand reputation untuk penyanyi di bulan Desember 2021

3. K-Dramas
IU telah aktif membintangi sejumlah drama sejak tahun 2011, seperti bermain di drama yang bertajuk Dream High, Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo dan Hotel Del Luna.

Itu lah ketiga sumber kekayaan yang sukses diperoleh oleh IU. Sudah tidak penasaran lagi, bukan?

The Latest

To Top