Raih Pendanaan Rp 2,86 Triliun, Glance Bakal Ekspansi Ke AS dan Rusia

profile photo reporter Tri Kurnia Yunianto
TriKurnia Yunianto
16 Februari 2022
marketeers article
Glance mendapatkan pendanaan Seri D senilai US$ 200 juta atau setara Rp 2,86 triliun (kurs Rp 14.325 per US$).
Perusahaan rintisan (startup) kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) Glance mendapatkan pendanaan Seri D senilai US$ 200 juta atau setara Rp 2,86 triliun (kurs Rp 14.325 per US$). Suntikan dana segar tesebut diberikan oleh pemodal Jio Platforms Limited.
Founder dan Chief Exevutive Officer (CEO) InMobi Group Naveen Tewari mengatakan, investasi dari Jio ini bertujuan untuk mengakselerasi peluncuran Glance di sejumlah pasar penting internasional di luar Asia, seperti Amerika Serikat (AS), Meksiko, dan Rusia. Glance memiliki misi untuk menciptakan ekosistem live content dan live commerce layar kunci terbesar di dunia dan akan menggunakan dana yang diraih untuk berekspansi secara global.
Selain Jio Platforms, perusahan juga didukung oleh raksasa teknologi Google dan Mithril Capital, sebuah perusahaan modal ventura yang berbasis di Silicon Valley. Hingga saat ini layar kunci Glance hadir di lebih dari 400 juta perangkat di Asia, dengan 25 juta daily active users di Asia Tenggara (ASEAN).
“Investasi Jio kepada Glance membawa sinergi penting dalam hal visi dan filosofi. Jio merupakan perusahaan disruptif yang memungkinkan internet diakses oleh jutaan pengguna, menjadikan India salah satu pasar internet terbesar di dunia. Reliance juga membuat terobosan di pasar smartphone dengan meluncurkan JioPhone Next smartphone. Investasi Jio di Glance dan kehadiran Glance di layer kunci JioPhone Next smartphone akan membawa pada perubahan paradigma tentang bagaimana penggunanya menikmati internet,” ujar Naveen melalui keterangannya, Selasa (15/2/2022).
Glance mempelopori konten yang terpersonalisasi dan berbasis AI, live entertainment commerce dan gaming di layar kunci. Selain itu, perusahaan juga telah menciptakan terobosan platform pencarian layar kunci untuk live content, commerce, dan gaming di Asia.
Melalui pendanaan tersebut, Glance berencana untuk meningkatkan usahanya ke skala global. Adapun investasi Jio merupakan validasi besar terhadap visi dan misi bisnis. “Ini memberikan kami kekuatan untuk membawa pengalaman inovatif Glance ke berbagai penjuru dunia. Kami berharap dapat bekerja sama dengan Jio untuk menciptakan ekosistem konten, kreator dan commerce masa depan,” ujarnya
Sementara itu, Direktur Jio Platforms Limited Akash Ambani mengungkapkan, ketertarikannya memberikan pendanaan pada Glance lantaran pertumbuhan bisnis yang sangat pesat dalam dua tahun terkahir. Dengan produk-produk yang unik, dia optimistis ekspansi bisnis akan sukses dilakukan.
“Dengan dukungan investasi ini, Glance diharapkan dapat meluncur juga di sejumlah pasar penting global, serta meningkatkan pengalaman jutaan pengguna Jio. Ini semakin memperkuat komitmen kami untuk menyediakan ekosistem teknologi dan digital mutakhir dan paling canggih bagi konsumen di India dan kawasan lainnya,” tuturnya.
Editor: Muhammad Perkasa Al Hafiz

Related