Ralali Perkuat Channel Direct to Consumer Lewat Ralali Agent

profile photo reporter Muhammad Perkasa Al Hafiz
MuhammadPerkasa Al Hafiz
30 Januari 2022
marketeers article
DTC Direct to consumer marketing process strategy. Commerce concept in trade. Vector illustration
Dunia marketing terus bergerak seiring dengan perubahan perilaku masyarakat yang umumnya didorong oleh perkembangan teknologi. Tak heran, berbagai tren marketing juga bermunculan setiap tahunnya. Begitu juga pada tahun 2022. Salah satu tren marketing yang wajib diperhatikan oleh pemasar tahun ini adalah pendekatan direct-to-consumer. Pendekatan ini menjadi satu dari 10 tren marketing yang dipaparkan oleh CEO Marketeers Iwan Setiawan pada acara Marketeer iClub beberapa waktu lalu.
Penulis buku Marketing 5.0 bersama Philip Kotler dan Hermawan Kartajaya ini mengatakan bahwa tren direct-to-consumer terjadi karena hadirnya pandemi COVID-19 yang memaksa proses digitalisasi dan membuka peluang bagi para merek untuk menyentuh langsung target konsumen mereka. Pendekatan ini bisa dilakukan melalui tiga kanal, yakni direct selling, social commerce, dan e-commerce.
Senada dengan Iwan, di kesempatan berbeda Ralali.com sebagai platform marketplace untuk segmen business-to-business (B2B) menangkap tren tersebut dengan memperkuat sistem keagenan. Ralali.com terus mengembangkan ekosistem grupnya dengan melakukan inovasi dan beradaptasi melalui cara baru dalam berbisnis yang lebih efektif. Memanfaatkan perkembangan teknologi yang ada, Ralali Agent yang awalnya dikenal dengan nama Big Agent kembali hadir dengan beragam fitur unggulannya.
Didirikan sejak Oktober 2018, saat ini Ralali Agent telah memiliki lebih dari 300.000 agen yang tersebar di Indonesia. Melihat antusiasme yang sangat tinggi, Ralali Agent mengekspansikan diri hingga 25 kota besar di Indonesia pada tahun 2020.
Mengawali tahun 2022, Ralali Agent bertekad untuk memperluas jaringannya hingga mencapai 1,5 juta agent yang tersebar di seluruh Indonesia untuk menyelesaikan 45 juta jenis pekerjaan.
“Ralali.com memperkenalkan Ralali Agent sebagai on-demand business platform yang berperan dalam pemberdayaan SDM unggul berkualitas dengan membantu pelaku UKM memenuhi kebutuhan bisnisnya,” tegas Joseph Aditya, CEO & Founder dari Ralali.com dalam keterangan tertulisnya.
Di sisi lain, Ralali Agent diharapkan dapat memberikan dampak yang signifikan terhadap penurunan angka pengangguran Indonesia sekaligus melahirkan agen terbaik untuk mewujudkan kemudahan usaha bagi para pelaku UMKM Indonesia
Ralali Agent merupakan sebuah platform yang mengkolaborasikan teknologi digital dan tenaga kerja dengan melakukan proses offline-to-online (O2O) yang dapat membuat banyak orang saling terhubung dan bekerja bersama dengan mudah.
Ralali Agent memiliki layanan unggulan, seperti mengakuisisi mitra bisnis, market survey, marketing, dan tenaga penjualan. Pelaku usaha dapat mendiskusikan terlebih dahulu mulai dari kebutuhan bisnis hingga target dan perkiraan anggaran yang dimiliki. Ralali Agent akan membantu membuatkan halaman untuk project bisnis berisi informasi seperti cara kerja, hingga komisi yang akan didapatkan.

Related