Ramaikan Perang Streaming, Apple TV Bakal Hadir di Android

marketeers article
Ilustrasi Apple TV. (FOTO: 123RF)

Apple telah mengumumkan bahwa aplikasi streaming Apple TV akan tersedia di perangkat Android pada tahun ini. Langkah ini menunjukkan upaya Apple untuk memperluas jangkauan layanannya ke platform lain di luar ekosistemnya sendiri.

Apple TV sebetulnya sudah memiliki aplikasi yang bisa dijalankan oleh beberapa smart TV yang berbasis Android. Sayangnya, aplikasinya tidak bisa dipakai di ponsel pintar Android.

Selama ini, aplikasi streaming itu hanya dapat diakses melalui perangkat buatan Apple, seperti iPhone, iPad, dan Apple TV, serta beberapa smart TV dan konsol permainan.

BACA JUGA: Netflix Rilis Trailer Nightmares and Daydreams, Karya Terbaru Joko Anwar

Dilansir dari 9to5Mac pada Kamis(30/5/2024), dengan hadirnya aplikasi ini di Android, pengguna perangkat Android akan dapat menikmati berbagai konten yang ditawarkan oleh Apple TV, termasuk layanan streaming Apple TV+.

Apple TV+ telah menarik perhatian dengan berbagai konten orisinalnya, seperti serial dan film yang diproduksi oleh Apple.

Dengan adanya aplikasi ini di Android, Apple TV+ diharapkan dapat menjangkau lebih banyak penonton dan meningkatkan jumlah pelanggan layanan streaming mereka.

Langkah ini juga menunjukkan bahwa perusahaan Amerika Serikat (AS) itu semakin terbuka untuk menyediakan layanannya di platform lain. Artinya, perusahaan mengakui pentingnya menjangkau audiens yang lebih luas.

BACA JUGA: Kolaborasi Jacquelle dan Disney Hadirkan Koleksi Eksklusif Princess Ariel

Selain itu, keputusan ini juga sejalan dengan strategi perusahaan untuk meningkatkan pendapatan dari layanan digital di tengah penurunan penjualan perangkat keras.

Pengguna Android dapat menantikan peluncuran aplikasi Apple TV di platform mereka dalam beberapa bulan ke depan. Namun, saat ini pengumuman terkait rencana ini belum secara resmi diungkap ke publik oleh Apple.

Pada 10 Juni nanti perusahaan akan menggelar konferensi tahuannya yakni Worldwide Developers Conference (WWDC) di Apple Park. Kemungkinan besar pengumuman layanan streaming untuk versi Android ini nanti akan diumumkan di acara tersebut.

Editor: Eric Iskandarsjah

Related