Digital

Rayakan Ulang Tahun ke-12, Tokopedia Hadirkan Beragam Program

Tokopedia memiliki hari ulang tahun yang sama dengan Hari Kemerdekaan RI, yakni 17 Agustus. Tahun ini, platform e-commerce ini memasuki usia ke-12. Sejak berdiri Tokopedia selalu berkomitmen untuk banyak inisiatif untuk mengembangkan usaha di Indonesia, terutama saat pandemi COVID-19.

Leontinus A. Edison, Co-Founder & Vice Chairman Tokopedia mengatakan bahwa Tokopedia akan selalu ada untuk mendukung pemulihan ekonomi di Indonesia, terutama yang terdampak pandemi. Kuncinya adalah dengan melakukan kolaborasi.

“Kami melihat ada gap of opportunity yang dialami oleh masyarakat Indonesia, terutama pegiat usaha kecil. Komitmen kita adalah mendukung mereka, para entrepreneur kecil agar mereka bisa mengembangkan bisnis mereka dengan lebih baik. Salah satu inisiatif yang sudah kita lakukan adalah meluncurkan hyperlocal,” tutur Leon.

Leon memaparkan wujud nyata dari adanya fitur Hyperlocal, yaitu sealama kuartal II tahun 2021 menurut statistik Tokopedia, daerah-daerah yang mengalami peningkatan jumlah pembeli paling signifikan ada di kota Papua, Makassar, Malang, Semarang dan Palembang. Selain itu, sudah ada lebih dari 11 juta penjual yang hampir 100% nya merupakan Usaha Kecil Menengah (UKM) yang mana 94% merupakan pegiat usaha ultra mikro.

“Kami tidak menyangka kota-kota tersebut mengalami peningkatan paling signifikan. Biasanya, peningkatan tersebut hanya ada di kota-kota besar saja. Ini merupakan dampak dari upaya kami selama 12 tahun. Penambahan jumlah signifikan, bahkan selama pandemi. Walaupun ada tekanan, tetapi masyarakat bisa beradaptasi,” papar Leon.

Selanjutnya, Ekhel Chandra Wijaya, External Communications Senior Lead Tokopedia mengatakan bahwa di ulang tahun yang ke-12 ini, Tokopedia menghadirkan serangkaian inisiatif spesial untuk mempermudah masyarakat. Masyarakat Indonesia dapat berpartisipasi pada sederet program spesial HUT ke-12 Tokopedia.

Pertama yang dihadirkan adalah Waktu Indonesia Belanja (WIB) yang menghadirkan beragam penawaran menari, seperti bebas ongkir dan cashback hingga 100%. Kedua, Gebyar Koleksi Spesial yang akan menghadirkan program eksklusif dari para merk lokal yang bergabung di Tokopedia. Nantinya, penjual dapat meluncurkan produk spesial yang tidak pernah mereka perlihatkan sebelumnya.

Ketiga, WIB TV Show yang akan disiarkan di beberapa stasiun televisi serta Tokopedia Play dan YouTube Tokopedia. WIB TV Show akan menampilkan penyanyi papan atas lokal maupun internasional, seperti Project Pop, NCT Dream, hingga BTS sebagai brand ambassador Tokopedia.

Terakhir, Tokopedia juga akan berkolaborasi dengan GoTo, Benihbaik.com, para penjual, pembeli, dan mitra strategis untuk berdonasi dalam bentuk sembako. Ini merupakan bagian dari kampanye Tokopedia #BangkitBersama yang turut melibatkan karyawan Tokopedia (Nakama).

“Melalui kampanye ini, kami akan menyalurkan sembako kepada tenaga kesehatan, masyarakat prasehatera, dan pekerja informal yang terdampak pandemi. Ide ini sederhana, dari pada selebrasi kita alihkan kampanye ini sebagai apresiasi untuk para tenaga medis dan masyarakat yang terdampak,” tutup Ekhel.

 

Editor: Eko Adiwaluyo

MARKETEERS X








To Top