Technology

Realme Masuk Lima Merek Ponsel Top di Indonesia

Photo Credits: Realme

Merek smartphone pendatang baru di Indonesia Realme masuk ke dalam Top Five Smartphone Brand di Indonesia versi International Data Corporation (IDC). Merek ini bersanding dengan deretan merek yang jauh lebih dulu hadir di Indonesia, yakni Samsung, Vivo, Oppo, dan Xiaomi.

Realme mengalami kenaikan penjualan hingga kuartal kedua 2019. Data IDC menunjukkan, Realme berhasil meraih peringkat kelima di antara empat merek tersebut.

Tercatat, Realme membukukan angka penjualan sebanyak 1.4% pada kuartal pertama 2019. Sementara, pada kuartal kedua 2019, penjualan smartphone asal Tiongkok ini sukses mencatatkan angka 6.1%. Namun, penjualan Realme terpaut cukup jauh dengan Xiaomi (16.8%) yang tepat berada di atasnya.

“Saya sangat senang mengetaui bahwa Realme juga menjadi Top 5 Smartphone Brand di Indonesia berdasarkan IDC Mobile Phone Tracker Q2-2019 hanya dalam waktu kurang dar setahun semenjak kami berada di sini,” terang Marketing Director Realme SEA Josef Wang di Jakarta, Jumat (30/09/2019).

Di sisi lain, Counterpoint menyebutkan, angka penjualan Realme di Indonesia terbilang baik. Pasalnya, Realme mampu menguasai 8% pasar smartphone di Indonesia. Begitu pun dengan Canalys yang merilis Realme mampu meraih 7% pasar ponsel pintar di Indonesia dalam waktu kurang dari setahun.

Keberhasilan Realme dan tiga smartphone asal China lain dalam menguasai penjualan di Indonesia tak lain karena aktivitas pemasaran, spesifikasi, dan harga yang relatif lebih terjangkau yang ditawarkan untuk tiap produknya.

“Strategi mereka dalam penetrasi pasar antara alin menerakpan akitvitas pemasaran, spesifikasi, dan harga secara agresif yang terbukti dapat meningkatkan kesadaran merek mereka di pasar,” ungkap Market Analyst IDC Indonesia Risky Febrian.

Editor: Sigit Kurniawan

MARKETEERS X








To Top