Renovasi Rumah Tak Melulu Habiskan Anggaran Besar

profile photo reporter Clara Ermaningtiastuti
ClaraErmaningtiastuti
25 Oktober 2022
marketeers article
Renovasi rumah bisa dilakukan sendiri. | Foto: 123RF

Saat bicara mengenai renovasi rumah, hal pertama yang muncul di pikiran banyak orang adalah biaya. Tidak sedikit yang beranggapan bahwa memperbarui tampilan atau memperbaiki hunian memerlukan anggaran besar.

Padahal kenyataannya, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk memangkas penggunaan dana dalam renovasi rumah. Berikut tips dari Krisbow yang bisa dipraktikkan.

Jadi Minimalis

Hal utama yang tak bisa dilepaskan dari renovasi rumah adalah menetapkan konsep. Pasalnya, faktor inilah yang memengaruhi anggaran. Dengan menggunakan konsep minimalis, Anda bisa loh menghemat biaya agar tidak membengkak.

Gunakan Barang yang Masih Layak Pakai

Renovasi tidak harus membuat Anda memakai barang-barang baru. Bahan bekas pun bisa diandalkan seperti material reuse dari kayu, bongkaran genteng, serta bekas kusen jendela dan pintu.

Produk-produk bekas ini biasanya dijual dengan harga miring. Tentunya, bisa menghemat biaya ya!

Cermat dalam Pemilihan Toko

Ketika membeli bahan bangunan, Anda juga perlu mempertimbangkan pemilihan toko bangunan. Cari beberapa alternatif yang harganya terjangkau.

Sangat disarankan untuk membandingkan harga dan diskon di toko offline maupun online. Jadi, Anda bisa mendapatkan harga terbaik.

Do. It. Yourself

Yang sering tidak disadari, aspek paling menguras kantong dalam renovasi adalah jasa tukang. Hal ini bisa diminimalisasi dengan melakukannya sendiri. 

Misalnya pekerjaan seperti mengebor dan mengecat dinding bisa dilakukan sendiri. Selain itu, interior juga bisa Anda kerjakan sendiri dengan sejumlah referensi yang dapat ditemukan secara online

Siapkan bahan dan alatnya, lalu kreasikan!

Editor: Ranto Rajagukguk

Related