Consumer Goods

Resep Dua Perempuan Pemilik Bisnis UKM Mencoba Bertahan di Tengah Pandemi

SUMBER: 123RF

Kita memeringati kepahlawanan R.A Kartini sebagai pelopor kebangkitan perempuan Indonesia pada tanggal 21 April setiap tahun. Hingga saat ini, semangat dari Kartini terus menginspirasi generasi ke generasi meski banyak perubahan terjadi.

Pada perkembangannya kini, perempuan tak lagi diharuskan mengurus rumah tangga saja tetapi ikut berperan di berbagai aspek kehidupan, salah satunya perekonomian.

Contohnya seperti yang dilakukan dua perempuan yang merintis usaha mikro, kecil, dan menengah (UKM) ini. Mereka adalah Arni Susanti pemilik Bangke Paruik dan Ristin Jatnika pemilik Mere Naturals. Tahun ini, mereka menghadapi tantangan lain dalam perjalanan bisnis yaitu merebaknya pandemi COVID-19.

Berada di masa ketidakpastian, Arni dengan bisnis Banke Paruik miliknya kemudian memutuskan untuk menurunkan kapasitas produksi. Pasalnya, Arni meminta karyawannya untuk tetap di rumah dan hanya memproduksi makanan ringan yang bisa dibuat sendiri. Karena pesanan dari luar kota menurun, penjualan dalam kota asalnya, Padang, pun dimaksimalkan.

Demi mempertahankan bisnisnya, Arni memaksimalkan kemampuannya dalam digital marketing. Meski tokonya tutup untuk sementara, ia tetap memasarkan produk yang tersedia secara daring. Arni mempromosikan produknya lewat media sosial kepada teman dan masyarakat di sekitarnya agar mereka tahu bahwa Bengke Paruik tetap beroperasi.

Hal serupa dilakukan oleh pemilik usaha minyak aromaterapi Mere Naturals. Dengan kebijakan pemerintah tentang physical distancing hingga Pembatasan Sosial Berskala Besar di Bandung, Ristin mengajak karyawannya tetap mengelola bisnis dari rumah. Pemasaran produk pun dilakukan secara daring dengan melibatkan karyawannya.

Ristin memilih menghentikan kegiatan produksi sementara waktu agar karyawan tidak perlu datang ke kantor. Namun, beberapa kegiatan bisnis tetap berjalan, seperti pengemasan produk di mana karyawan yang bertugas mengerjakan ini bisa bekerja bergantian setiap harinya.

“Selain itu, karena Mere Naturals juga dipasarkan secara online, karyawan yang bertanggung jawab untuk melakukan kegiatan penjualan dan pemasaran dapat tetap bekerja dari rumah masing-masing,” ujar Ristin.

Editor: Ramadhan Triwijanarko

MARKETEERS X








To Top