Resep Goodyear Luncurkan Produk Baru

profile photo reporter Kelik Bayundara
KelikBayundara
26 Maret 2015
marketeers article
Bagi sebuah merek, meluncurkan produk baru tentu memerlukan pertimbangan yang matang. Terlebih, dalam industri ban sekelas Goodyear. Mendukung keselamatan menjadi kata kunci dari setiap inovasi yang dibuat. Selain itu, kebutuhan konsumen menjadi hal yang wajib dipahami untuk bisa diterima baik oleh pasar.
Ada sejumlah hal penting yang perlu diperhatikan dalam meluncurkan produk baru. Arfianti Puspitarini, Consumer Product & Trade Marketing Manager PT Goodyear Indonesia Tbk mengungkapkan atraktifnya pasar menjadi salah satu yang harus dilihat. Perlu diukur seberapa besar potensi dari pasarnya.
Selain itu, perlu diselidiki apakah ada kompetitor yang bermain di pasar yang akan digarap. Bila ada, perlu dicari tahu aktivitas pemasaran yang mereka lakukan. “Kami lakukan riset terhadap hal tersebut,” kata Arfianti di Jakarta, Rabu (25/3/2015).
Arfianti mencontohkan produk terbarunya yang bernama Goodyear Assurance DuraPlus. Ban ini lahir untuk menjawab konsumen yang membutuhkan ban yang awet dan tahan lama namun tidak mahal. “Itu hal yang kami tangkap,” ungkap Arfianti.
Selain itu, kondisi jalan yang rusak membuat para konsumen membutuhkan tambahan perlindungan. “Harus selalu bisa mengerti kebutuhan pasar sebelum akhirnya mengeluarkan produk baru,” tutur Arfianti.
Tak sekadar menjual ban, Goodyear juga menjual keselamatan. Hal ini diimplementasikan dalam produk Goodyear Assurance Duraplus. Produk ini merupakan pengembangan dari produk Goodyear Duraplus yang berdasarkan oleh makin prospektifnya pasar otomotif di Indonesia. 
Dirancang dengan Treadlife Technology, produk ini bisa meningkatkan umur ban untuk jarak tempuh yang lebih jauh. Digadang-gadang, ban ini bisa bertahan hingga jarak tempuh lebih dari 100.000 km, atau 10 % lebih baik dari produk pendahulunya. Hal ini berdasarkan percobaan yang dilakukan di Thailand dengan kontur jalan yang mirip dengan Jakarta.
Ban terbaru dari Goodyear ini juga dilengkapi dengan DuPont™ Kevlar® yang membuat ban menjadi tahan terhadap benturan. Produk ini kerap digunakan pada perlengkapan berstandar militer. Menurut Arfianti, Goodyear merupakan satu-satunya perusahaan yang menggunakan teknologi ini. “Goodyear Assurance Duraplus ditawarkan ke pasar dengan harga mulai dari Rp 650.000 hingga Rp 850.000,” kata Arfianti. 

Related