Communication

Resmi Dikomersialkan, Layanan 5G Telkomsel Dorong Ekosistem Digital Indonesia

Foto: Setyanto Hantoro, Direktur Utama Telkomsel

Telkomsel baru saja meluncurkan layanan 5G mereka di Indonesia. Sebelumnya, Telkomsel telah menerima Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO) 5G dari Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kominfo RI) pada 24 Mei 2021. Layanan ini pun bisa digunakan oleh pra pengguna Telkomsel di wilayah tertentu.

“Melalui layanan ini, kami ingin menjadi operator telekomunikasi terdepan dalam memberikan layanan terbaik. Tentu, upaya ini membutuhkan dukungan dari pemerintah dan para pemangku kepentingan,” ujar Setyanto Hantoro, Direktur Utama Telkomsel.

Telkomsel akan memaksimalkan pemanfaatan 5G untuk menghadirkan beragam produk dan layanan digital baru untuk mendorong pertumbuhan digital connectivity, digital platform, dan digital services di Indonesia. Pengembangan solusi teknologi seperti artificial intelligence, cloud computing, dan Internet of Things juga menjadi misi perusahaan. Selain itu, Telkomsel juga akan mengoptimalkan pemanfaatan 5G untuk pengembangan UKM serta industri lintas sektor seperti kesehatan, logistik, manufaktur, pertanian, pertambangan, dan lainnya.

“Kami akan menggelar layanan ini secara bertahap untuk seluruh lapisan masyarakat. Harapannya, inovasi ini juga dapat menumbuhkan ekosistem talenta digital dan talenta digitalpreneur baru. Muaranya adalah agar daya saing bangsa Indonesia di dunia digital semakin kuat,” tambah Setyanto.

Pada tahap pertama, komersialisasi 5G layanan Telkomsel sudah tersedia di beberapa titik di sembilan kota, di antaranya mencakup wilayah Telkomsel Smart Office (Jakarta); lalu di area residensial di DKI Jakarta, seperti Kelapa Gading Jakarta, Pondok Indah, Pantai Indah Kapuk, Bumi Serpong Damai, Widya Chandra, dan Alam Sutera.

Selain itu, Telkomsel juga menyiapkan layanan 5G di jaringan hotspot di GraPARI Bandara Soekarno Hatta, GraPARI Pemuda Surabaya, GraPARI Pettarani Makassar, GraPARI Renon Bali, GraPARI Batam Center, GraPARI Telkom Group Medan, GraPARI Solo, Kantor Balai Kota Solo, GraPARI Balikpapan; serta area pendidikan di Telkom University (Bandung) dan Institut Teknologi Bandung.

Inovasi ini pun mendapat dukungan dari Menteri Kominfo Johnny G. Plate. Johnny mengatakan bahwa layanan ini menjadi babak baru dari perkembangan teknologi di Indonesia. “Presiden Republik Indonesia Joko Widodo sangat terbuka dan menerima adanya adopsi teknologi baru di negeri ini. Tentu, ini menjadi kabar baik ketika ekosistem digital di Indonesia sudah semakin luas,” ujar Johnny.

Seperti layanan broadband 3G dan 4G, layanan 5G untuk saat ini dapat dinikmati menggunakan paket kuota data yang dimiliki. Telkomsel juga menghadirkan layanan Internet Rumah Orbit 5G melalui perangkat Orbit Ultra dengan harga promo Rp 6,299 juta. Paket ini sudah dilengkapi ekstra kuota data 200GB untuk 30 hari dan bonus akses layanan Disney+ Hotstar selama 12 bulan. Ke depannya, Telkomsel akan menghadirkan paket data khusus layanan 5G, yang akan dikembangkan secara berkelanjutan sesuai dengan kebutuhan gaya hidup dan aktivitas digital pelanggan.

MARKETEERS X








To Top