Resmi Diluncurkan, VW Kombi Listrik Mulai Dipasarkan Kuartal Akhir 2022

profile photo reporter Medikantyo Adhikresna
MedikantyoAdhikresna
13 Maret 2022
marketeers article
Martin Meiners
Volkswagen resmi meluncurkan generasi terbaru model kendaraan ID.Buzz alias VW Kombi listrik, yang akan mulai dipasarkan pada kuartal akhir tahun 2022. Kendaraan elektrifikasi berjenis minibus ini akan lebih dulu dapat dipesan oleh para konsumen di beberapa negara Eropa kemudian disusul kawasan Amerika Serikat dan Kanada.
Model kendaraan VW Kombi listrik yang akan mulai dipasarkan pada akhir tahun ini, dirakit dalam fasilitas pabrik Volkswagen di Hannover, Jerman. Lokasi yang sama juga telah dirancang sebagai pusat perakitan seluruh lini mobil listrik buatan Volkswagen, yang direncanakan akan bertambah dalam beberapa tahun mendatang.
“ID.Buzz merupakan ikon untuk era kendaraan elektrifikasi. Sebuah kendaraan yang hanya bisa dibuat oleh Volkswagen. Sejak kali pertama diperkenalkan pada 1950, model Volkswagen Bulli atau Kombi membangun keterikatan emosional, kemandirian, serta nilai kebebasan dalam berkendara,” ujar Ralf Brandstaetter, Chairman of the Board Management of Volkswagen Passenger Cars dalam keterangan resminya.
Meski membawa bentuk serta identitas VW Kombi generasi terdahulu sebagai inspirasi, model mobil listrik ID.Buzz sudah dibekali berbagai teknologi anyar. Termasuk penggunaan piranti lunak yang menghadirkan dukungan kepada pengendara sebagai fitur standar. Di antaranya, fungsi pengereman darurat Front Assist dan fitur Lane Assist.
Sebagai kendaraan elektrifikasi, VW Kombi listrik yang akan dipasarkan pada pengujung tahun 2022 membawa bekal baterai berkapasitas 77 kWh. Baterai itu memberikan energi untuk motor listrik dengan daya 150 kW, yang mengantarkan tenaga menuju penggerak roda belakang.
Ciri interior kabin yang lapang dari model minibus pendahulunya, juga dipertahankan oleh Volkswagen ketika merancang model mobil listrik Kombi ini. Dalam keterangan resminya, Volkswagen menyebut mobil ini dapat mengangkut lima orang dengan kapasitas bagasi hingga 1.121 liter.
Selain dirilis sebagai kendaraan untuk penumpang, Volkswagen juga membangun varian ID.Buzz untuk keperluan komersial. Berbeda dengan versi VW Kombi listrik penumpang yang mulai dipasarkan dalam waktu dekat, varian komersialnya masih dalam tahap penyempurnaan konsep produksi sehingga belum bisa dipesan pelanggan tahun ini.
Editor: Muhammad Perkasa Al Hafiz

Related