Rilis Cipset Baru, Qualcomm Kenalkan Snapdragon 8s Gen 3

marketeers article
Ilustrasi cipset. (FOTO: 123RF)

Qualcomm memperkenalkan cipset baru yang dinamai Snapdragon 8s Gen 3. Cipset baru yang mendukung penerapan teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) ini diciptakan khusus untuk meningkatkan kemampuan fitur AI generatif di perangkat, pengalaman fotografi, dan bermain game.

Dilansir dari PhoneArena (18/3/2024), cipset ini didesain untuk smartphone kelas premium. Fitur utama dari cipset Qualcomm ini mencakup Image Signal Processor (ISP) yang selalu menyala, pengalaman bermain game mobile yang sangat realistis, konektivitas terbaru, suara high-definition, serta dukungan untuk fitur AI generatif yang kuat di perangkat.

BACA JUGA: Qualcomm Bocorkan Tanggal Rilis Snapdragon 8 Gen 4 SoC, Ini Detailnya

Selain itu, Qualcomm mengonfirmasi bahwa cipset Snapdragon 8s Gen 3 mendukung beberapa model AI seperti Baichuan-7B, Llama 2, Gemini Nano, dan Zhipu ChatGLM. Cipset Snapdragon 8s Gen 3 diproduksi menggunakan teknologi 4nm dan memiliki inti utama Cortex-X4 berkecepatan 3GHz, empat inti performa (hingga 2,8GHz), dan tiga inti efisiensi (hingga 2GHz).

Cipset baru ini dilengkapi dengan ISP Qualcomm Spectra, serta dukungan untuk triple video capture dari sensor gambar HDR hingga kamera triple 36MP dengan frame rate 30 fps, kamera ganda 64+36MP dengan frame rate 30fps, dan kamera tunggal 108MP dengan frame rate 30fps, serta penangkapan foto 200MP.

BACA JUGA: Modem 5G Buatan Apple Disebut Ketinggalan 3 Tahun di Belakang Qualcomm

Qualcomm juga telah menyertakan dukungan untuk tampilan on-device 4K dengan refresh rate 60Hz dan QHD+ dengan refresh rate 144Hz, bersama dengan dukungan maksimum untuk tampilan eksternal hingga 8K UHD dengan refresh rate 30Hz dan 1080p dengan refresh rate 240Hz. Untuk memori, Snapdragon 8s Gen 3 mendukung memori LP-DDR5x (hingga 4200MHz) dan memori hingga 24GB RAM.

Menurut Qualcomm, beberapa produsen ponsel pintar telah mengonfirmasi bahwa produk mereka akan dilengkapi dengan prosesor Snapdragon 8s Gen 3 baru ini. Sejumlah merek seperti Honor, iQOO, realme, Redmi, dan Xiaomi akan jadi ponsel pintar pertama yang ditenagai oleh cipset baru Qualcomm ini demi dapat menyajikan experience mengagumkan.

Editor: Eric Iskandarsjah

Related