Finance

Riset: Nasabah Indonesia Tertarik pada Asuransi yang Kontekstual

SUMBER: 123RF

Momentive.ai bersama insuretech Cover Genius merilis hasil survei mengenai bagaimana nasabah bank konvensional, bank digital hingga aplikasi fintech bereaksi terhadap penawaran asuransi saat melakukan transaksi real-time. Dari 521 responden Indonesia, mereka menemukan lebih dari 60% nasabah menerima penawaran tersebut.

Namun, ada sejumlah hal yang mereka perhatikan salah satunya adalah kenyamanan. Sebanyak 87% nasabah bank digital tertarik menerima penawaran asuransi berdasarkan transaksi mereka. Lalu, 76% nasbaah bank konvensional juga menyatakan hal serupa.

“Bank konvensional, bank digital, dan lembaga keuangan diposisikan secara unik untuk menawarkan asuransi yang relevan berdasarkan transaksi yang dilakukan. Hal tersebut dapat menambah nilai pada transaksi pembelian terpenting yang dilakukan nasabah,” jelas Managing Director APAC Cover Genius Arijit Chakraborty.

Setidaknya ada 14 aktivitas besar yang mengarah pada pertimbangan untuk membeli asuransi. Cover Genius mencatat transaksi seperti persalinan, pembelian mobil, properti, hewan peliharaan, barang-barang mahal, tanah, dan lainnya.

Survei di Indonesia juga menunjukkan ada permintaan terhadap penawaran yang menempel pada produk bank seperti asuransi properti bagi penyewa, pemilik rumah atau tuan tanah (52% responden sangat tertarik), asuransi komersial bagi mereka yang menerima pembayaran dari situs persewaan jangka pendek (36%), asuransi kesehatan (34%), dan berbagai jaminan untuk barang-barang pribadi serta rumah tangga bernilai tinggi (54%).

Survei ini juga menunjukkan adanya masa depan sehat bagi bank sebagai distributor asuransi. Pasalnya, 93% nasabah Indonesia memilih asuransi yang menempel pada produk bank ke depannya.

Survei bertajuk The Embedded Insurance Report: A consumer-focused case for transaction-based offers from Banks, Neobanks, and Fintechs tersebut melihat adanya peluang bagi para penyedia jasa asuransi. Tidak hanya karena ketertarikan nasabah muda saja. Tetapi, teknologi yang terus berkembang dan membantu nasabah untuk terus mendapatkan akses yang lebih mudah ke asuransi.

Most Popular








To Top