Career

Roberts Walters: Talenta di Bidang Teknologi Paling Banyak Dicari Tahun 2021

SUMBER: 123RF

Pandemi tidak hanya memengaruhi industri dalam hal operasional bisnis saja, tetapi juga dari segi perekrutan talenta. Sepanjang tahun 2020, tidak sedikit perusahaan yang harus mengambil langkah-langkah seperti pemotongan biaya, terutama dalam perencanaan perekrutan.

Kendati demikian, perusahaan mulai beradaptasi dan mengambil langkah pemulihan. Dan, di tahun 2021 ini, aktivitas perekrutan diprediksi akan tetap konservatif. Perusahaan konsultasi perekrutan profesional, Robert Walters, melihat adanya pertumbuhan pada sejumlah bidang yang akan berpengaruh pada aktivitas perekrutan.

Survei Gaji Robert Walters 2021 mengidentifikasikan pada tahun 2021, perusahaan akan mencari talenta dengan keahlian teknik yang kuat di bidang teknologi, digital, dan e-commerce. Para profesional dengan keterampilan seperti artificial intteligence (AI), otomatisasi, pengalaman menangani pelanggan, classic coding, dan pengembangan akan dibutuhkan.

“Transformasi digital akan membuat perusahaan membutuhkan seorang profesional yang mahir di dunia teknologi dan digital. Kami juga berharap ada perekrutan profesional yang ditargetkan kepada beberapa fungsi seperti sumber daya manusia (SDM) dan keuangan. Karena, beberapa perusahaan merestrukturisasi dan meningkatkan keterampilan karyawan mereka agar sesuai dengan iklim digital yang baru,” tutur Country Manager Robert Walters Indonesia Eric Mary.

Selain talenta yang mumpuni di bidang teknologi, perusahaan juga akan membutuhkan talenta dengan keahlian non-teknik yang apik atau soft skill. Contohnya kemampuan komunikasi antara karyawan dengan pemberi kerja, loyalitas, akuntabilitas, keandalan, dorongan, kemandirian, dan individu yang berorientasi pada solusi.

“Kami menyarankan perusahaan yang ingin merekrut pada tahun 2021 untuk melakukannya dengan cepat sebagai langkah awal. Memperkerjakan seseorang selalu membawa risiko tertentu, sehingga manajer perekrutantidak perlu 100% yakin akan calon karyawan,” pungkas Eric.

Editor: Eko Adiwaluyo

Most Popular








To Top