Consumer Goods

Robot Barista FamilyMart, Content Marketing Hingga Amunisi Layanan

Robot Barista FamilyMart
Robot Barista (Foto: Istimewa)

FamilyMart sebagai salah satu peritel convenience store di Indonesia memulai tahun 2022 dengan memperkuat pelayanan berbasis pengalaman. Perusahaan memberikan pengalaman yang baru dan unik untuk konsumen dengan meluncurkan inovasi Robot Barista. Dengan inovasinya ini, perusahaan mengklaim sebagai perusahaan peritel modern pertama industri F&B di Indonesia yang mengoperasikan Robot Barista.

Layanan ini diperkenalkan di gerai FamilyMart di pusat perbelanjaan Grand Indonesia East Mall di Jakarta, Sabtu (8/1/2022). Robot ini mampu membuat minuman dalam waktu dua menit dengan pilihan 19 macam minuman. Mulai dari KSK – Kopi Susu Keluarga, Dolce Latte, Premium Chocolate, Green Tea, dan lain-lain.

Ditujukan untuk para konsumen muda, layanan ini memungkinkan komunikasi contactless. Pasalnya, pemesanan minuman dilakukan di tempat menggunakan layer sentuh. Setelah memilih minuman, konsumen dapat melakukan pembayaran melalui layanan e-wallet seperti Dana, Gopay, dan Ovo. Dengan pendekatan ini, Robot Barista menerima piagam dari Museum Rekor Indonesia (MURI) yang diterima oleh CEO FamilyMart Indonesia Wirry Tjandra.

“Kami di FamilyMart Indonesia berkomitmen untuk terus berinovasi memberikan produk-produk berkualitas dengan harga terjangkau. Selain itu, kami hadirkan pula pengalaman berbelanja yang unik dan menyenangkan, seperti Robot Barista ini,” ujar CEO FamilyMart Indonesia Wirry Tjandra di siaran langsung peluncuran Robot Barista di Instagram @familymartid.

Dikembangkan sekitar tujuh bulan, FamilyMart menggandeng Epson untuk memasok lengan robot. Sementara perangkat lunak dikerjakan oleh FamilyMart. Inovasi ini dihadirkan perusahaan untuk memperkuat layanan berbasis pengalaman di offline store. Pengambangan di saluran distribusi ini memang masih menjadi fokus perusahaan. Hingga kini, FamilyMart memiliki sekitar 215 toko di Jabodetabek.

Robot Barista juga diharapkan dapat meningkatkan gairah masyarakat untuk mencoba berbagai minuman serta pembelian berikutnya ke barista di berbagai toko FamilyMart. Muaranya, tentu agar dapat mendorong pertumbuhan bisnis & ekonomi.

“Kehadiran robot ini juga memperpanjang operasional layanan kami menjadi 24 jam tujuh hari dalam seminggu sehingga konsumen dapat menikmati minuman kami kapan saja,” lanjut Wirry.

Konsumen dapat menikmati atraksi robot dalam membuat minuman, seperti shaking cup minuman dingin serta lambaian robot ke konsumen saat minuman selesai disajikan. Menariknya, lokasi Robot Barista ini dibuat artistik dan instagrammable.

Harapannya, lokasi ini dapat menjadi sarana anak muda di Jakarta dan sekitarnya untuk berswafoto. Untuk mewadahi aktivitas tersebut, FamilyMart juga menyediakan payung komunikasi lewat tagar #RobotBaristaFamilyMart.

Dari sini, bisa dilihat bahwa kehadiran Robot Barista FamilyMart juga menjadi content marketing untuk kebutuhan branding. Content marketing di sini berperan cukup banyak, mulai dari saranan hiburan, edukasi, hingga meningkatkan engagement dan ekuitas merek FamilyMart yang kian terasosiasi dengan pengalaman berbeda serta teknologi. Selain itu, tentu inovasi ini untuk meningkatkan pengalaman konsumen dalam berbelanja.

The Latest

To Top