Property

Rumah Baru VS Rumah Seken di Jaktim: Mana Yang Lebih Bagus?

Ilustrasi: 123RF

Bagi Anda yang tertarik membeli rumah di Jakarta, salah satu wilayah terbaik yang patut dipertimbangkan adalah Jakarta Timur. Tidak ketinggalan dengan wilayah lain, Jakarta Timur menawarkan banyak kelebihan bagi Anda yang tertarik tinggal di sana.

Dengan tingkat kepadatan penduduk yang relatif lebih rendah dibandingkan wilayah Jakarta lainnya, mencari rumah dijual di Jakarta Timur bukanlah hal yang sulit. Selain ada banyak pilihan perumahan baru di Jakarta Timur, Anda juga bisa memilih rumah seken yang dijual langsung oleh pemiliknya.

Tapi, mana yang lebih menguntungkan buat Anda? Apakah memilih perumahan baru di Jakarta Timur, atau mencari rumah dijual di Jakarta Timur? Yuk, kita bandingkan kelebihan dan kekurangannya.

Perumahan Baru di Jakarta Timur

Kelebihan: Jaminan keamanan

Perumahan baru di Jakarta Timur yang akan Anda temukan biasanya ditata dalam bentuk kelompok-kelompok kecil atau disebut juga dengan istilah cluster. Sistem cluster ini umumnya menyediakan sistem satu gerbang dengan keamanan 24 jam. Sehingga, Anda dan keluarga memiliki jaminan keamanan yang lebih baik jika membeli perumahan baru.

Sesuai selera

Membeli perumahan baru artinya Anda bebas memilih model rumah yang inginkan. Anda juga tak perlu mengeluarkan dana lebih untuk merenovasi rumah. Dan biasanya, pihak pengembang juga akan memberikan garansi untuk berbagai kerusakan yang terjadi di rumah tersebut.

Kekurangan: Area yang bisa dipilih terbatas

Inilah salah satu kekurangan jika Anda memilih untuk mencari perumahan baru di Jakarta Timur. Tak semua area di Jakarta Timur memiliki perumahan baru yang bisa ditawarkan. Biasanya, karena area tersebut sudah tak lagi memiliki lahan kosong yang dapat dibangun menjadi perumahan baru. Misalnya, area Cawang yang sangat strategis karena dekat dengan pusat bisnis seperti MT Haryono dan Gatot Subroto. Kalaupun ada perumahan baru yang ditawarkan, pastilah akan sangat terbatas unitnya dan dijual dengan harga tinggi.

Lingkungan belum terbentuk

Perumahan baru biasanya dibangun di area yang masih kosong dan sepi. Bahkan, bisa jadi tetangga pun masih sangat sedikit. Karena lingkungan yang belum terbentuk ini, fasilitas umum juga sangat mungkin masih sedikit.

Rumah seken di Jakarta Timur

Kelebihan: Fasilitas rumah lebih lengkap

Rumah dijual dalam kondisi bekas biasanya sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas pokok seperti instalasi air, listrik, dan telepon tetap. Itu artinya, Anda tak perlu lagi mengurus pemasangannya. Anda tinggal mengubah nama kepemilikan dan meneruskan pemakaian fasilitas yang sudah ada.

Lebih mudah negosiasi harga

Berbeda dengan perumahan baru yang memiliki harga tetap, harga rumah dijual umumnya lebih mudah dinegosiasikan. Yang perlu Anda lakukan hanyalah berdiskusi dengan pemilik rumah sampai Anda mendapatkan harga terbaik.

Kekurangan: Harus cermat memilih

Tak semua rumah dijual memiliki kondisi yang sesuai dengan harapan Anda. tak sedikit rumah dijual yang membutuhkan renovasi atau perbaikan. Di sini, Anda harus menyiapkan biaya lebih untuk itu. Belum lagi bila model rumah atau tata letak ruangan ada yang kurang sesuai dengan selera Anda, sehingga memerlukan renovasi cukup besar. Anggaran yang Anda persiapkan, mungkin saja akan lebih besar dibandingkan Anda membeli rumah baru.

Status rumah

Perumahan baru di Jakarta Timur umumnya sudah memberi jaminan mengenai legalitas kepemilikan rumah dengan status sertifikat hak milik (SHM). Pihak pengembang akan mengurus semuanya sampai selesai untuk Anda, dan Anda tinggal duduk tenang.

Hal ini tentu berbeda jika Anda membeli rumah bekas. Status kepemilikan rumah harus Anda telusuri dengan baik. Bahkan meski rumah tersebut memiliki SHM, Anda masih perlu memastikan keasliannya.

Nah, itulah daftar kelebihan dan kekurangan jika Anda membeli perumahan baru dan rumah seken di Jakarta Timur. Yang mana yang Anda pilih?

MARKETEERS X








To Top