Consumer Goods

Rumah Oksigen Gotong Royong, Praktik Marketing 3.0 di Tengah Pandemi

Kebutuhan akan oksigen untuk pasien-pasien COVID-19 semakin mendesak untuk dipenuhi belakangan ini. Menjawab kebutuhan tersebut, PT Aneka Gas Industri Tbk (Samator Group) bersama Grup GoTo (grup teknologi yang menaungi Gojek, Tokopedia, dan GoTo Financial), Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN Indonesia) menginisiasi terbentuknya  Rumah Oksigen Gotong Royong.

“Sebagai produsen gas, kami menyadari kapasitas perusahaan. Masih ada produk yang bisa kami salurkan untuk memenuhi kebutuhan mendesak masyarakat saat ini. Sebab itu, kami membangun rumah oksigen atau oxygen shelter dekat dengan pabrik kami di Pulogadung melalui pipanisasi,” kata Rachmat Harsono, Presiden Direktur PT Aneka Gas Industri Tbk kepada Marketeers melalui sambungan telepon, Minggu (18/7/2021).

GoTo dan KADIN Indonesia menyambut baik inisiatif tersebut. Hanya dalam rentang kurang dari tiga minggu, inisiatif oxygen shelter disepakati untuk diwujudkan. Minggu depan, sambung Rachmat, rumah oksigen ini sudah bisa beroperasi. Rumah ini sesegera mungkin dibangun mengingat kebutuhan yang terus meningkat seiring dengan tingkat infeksi COVID-19 di Indonesia yang masih tinggi.

Yang dilakukan Samator Group, GoTo, dan KADIN Indonesia menjadi contoh upaya sektor bisnis mampu berperan pada kemanusiaan. Hal ini merupakan perwujudan dari semangat Marketing 3.0, semangat pemasaran yang mengedepankan spirit kemanusiaan. Dan, tentunya ini yang sudah menjadi tanggung jawab sosial perusahaan untuk masyarakat luas. Kepedulian perusahaan pada people maupun planet menjadi salah satu kunci utama keberlangsungan bisnis perusahaan di masa depan. Di sini, perusahaan membangun value dengan values atau nilai-nilai untuk masyarakat.

“Ini komitmen kami untuk memberikan nilai pada masyarakat, Kami menyediakan pasokan oksigen. Dan, produk kami ini pada dasarnya sudah mengusung unsur humanity tersebut. Di rumah ini kami memenuhi kebutuhan dasar warga, dari oksigen hingga vitamin,” ujarnya.

Ia menambahkan, rumah oksigen tersebut didirikan di Pulogadung, di kawasan tempat pabrik Samator berdiri. Lokasi ini dipilih untuk memudahkan distribusi oksigen ke masyarakat yang membutuhkan. Oksigen tersebut akan akan disalurkan setiap harinya melalui pipa nonstop.

Untuk kebutuhan lebih luas, Rachmat mengatakan akan merespons kebutuhan-kebutuhan serupa di provinsi lain. “Kami akan siap melakukan hal sama di beberapa lokasi pabrik kami yang tersebar di nusantara yang memungkinkan untuk melakukan pipanisasi secara langsung,” katanya.

Ke depannya, Samator Group terbuka pada banyak pihak untuk berkolaborasi dalam pengadaan oksigen tersebut. “Kami sangat terbuka pada kolaborasi ini. Semakin banyak perusahaan yang ikut berperan tentunya akan semakin baik, khususnya dalam melayani masyarakat yang sedang membutuhkan,” pungkas Rachmat.

Asal tahu saja, Rumah Oksigen Gotong Royong ini merupakan fasilitas kesehatan semipermanent pertama di Indonesia yang diinsiasi oleh swasta dan secara khusus dilengkapi dengan perlengkapan suplai oksigen dan tempat tidur perawatan bagi warga yang terpapar COVID-19 dengan gejala sedang. Rumah ini memiliki kapasitas 400 tempat tidur.

Pada Jumat (16/7/2021), Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan langsung ke pabrik Samator Group di Pulogadung. Dalam kunjungan tersebut, Jokowi mengatakan saat ini pabrik tersebut telah mengonversi hampir 90% produk oksigen yang sebelumnya untuk industri menjadi untuk kepentingan medis.

Di kesempatan terpisah, Menteri Koordinator Bidang Kematiriman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengapresiasi inisiatif Rumah Oksigen Gotong Royong tersebut. Menurutnya, ini merupakan contoh baik dan peran aktif swasta dalam membantu penanganan COVID-19 demi rakyat.

 

MARKETEERS X








To Top