Communication

Saatnya UKM dan Para Pengusaha Lisensi Indonesia “Go Digital”

Foto: Pembukaan Indonesia Digital Trade Show

Para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UKM), termasuk para pengusaha lisensi terus didorong untuk go digital. Hal ini dilakukan agar meningkatkan daya saing dan akses pasar yang lebih luas. Mendukung misi tersebut, Indonesia Digital Trade Show resmi digelar. Digelar bersama dengan Indonesia Local Brands Expo 2020, ajang ini mengusung tema “Connect Your Business With Digital Solution”. 

Ajang ini merupakan pameran multi industri dengan konsep digital & realistik (3D Online Exhibition). Pameran ini sedikit berbeda dengan pameran – pameran biasanya yang mengharuskan para pengunjung dan peserta untuk hadir langsung ke hall atau venue yang di tentukan. Di dalamnya, para peserta dan pengunjung bisa bertemu & bertransaksi melalui Platform Virtual Expo 2020. Para peserta tidak perlu membangun sebuah booth dikarenakan seluruh material sudah disediakan di pameran dalam bentuk Design Booth Virtual 3D dan untuk transaksi sudah disediakan platform Payment Gateaway.

Pihak penyelenggara sendiri mengaku bergandengan tangan bersama, baik dengan pemerintah maupun swasta untuk pelaksanaan acara ini agar para pengusaha merek lokal Indonesia khususnya para pelaku UKM bisa tetap berjualan untuk mendapatkan cash in. Lebih dari itu, diharapkan mereka tetap semangat untuk bisa berdagang melalui platform digital (go digital). Pameran ini pun hadir sebagai jembatan dalam mempercepat digitalisasi produk-produk UKM di seluruh kota di Indonesia. 

Dukungan dari asosiasi dan pemerintah

Melalui Indonesia Local Brands Expo dan Gerakan Support Local Brands, Asosiasi Lisensi Indonesia (ASENSI) sangat mendukung Gerakan Bangga Buatan Indonesia dan Beli Kreatif Lokal Indonesia. 

“Dengan adanya pameran virtual Indonesia Digital Trade Show in conjunction with Indonesia Local Brands Expo ini diharapkan membuat para pengusaha merek lokal Indonesia dan pelaku UKM Indonesia go digital. Mereka harus bangkit dan memiliki semangat lebih untuk semakin maju serta membantu memulihkan ekonomi Indonesia,” ujar Susanty Widjaya, CFE selaku Ketua Umum ASENSI (Asosiasi Lisensi Indonesia).

Teten Masduki, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (KUKM) Republik Indonesia mengatakan, pandemi COVID-19 saat ini mengakibatkan banyak dampak buruk dari segala aspek salah satunya perekonomian. Perekonomian negara berdampak bagi seluruh industri khususnya UKM yang merasakan penurunan yang dratis dalam penjualan produk. 

Kementerian KUKM pun tidak tinggal diam dan terus berusaha dan berupaya untuk mendukung segala aktivitas UKM melalui program-program, salah satunya dukungan terhadap kegiatan virtual expo ini. 

“Baik pemerintah maupun swasta juga turut mendorong pelaksanaan acara ini agar para pengusaha lokal dan UKM di seluruh Indonesia bisa menembus pasar digital (go digital),” sebut Teten Masduki. 

Sejumlah perusahaan besar pun turut berpartisipasi dan mendukung pameran virtual expo Indonesia Digital Trade Show In conjunction with Indonesia Local Brands Expo 2020. Di antaranya Bank BCA selaku Official Bank Partner, Blibli.com, LinkAja, MyAdsTelkomsel, Oxygen, SiCepat, Mustika Ratu, dan Garuda Indonesia sebagai airlines partner di dalam event ini. 

MARKETEERS X








To Top