Saingi Google, OpenAI Akan Luncurkan Search Engine Berbasis ChatGPT

marketeers article
Ilustrasi OpenAI dan ChatGPT. (FOTO: 123RF)

OpenAI katanya akan merilis search engine atau mesin pencari berbasis ChatGPT pada 9 Mei mendatang. Kabar ini menjadi heboh karena OpenAI disebut sedang berkompetisi dengan Google.

Rumor ini pertama kali muncul dari seorang pengguna forum daring, Reddit, yang menemukan sertifikat SSL yang mengotentikasi identitas sebuah situs web telah dibuat dengan nama domain search.chatgpt.com.

Alasan mengapa rumor search engine ChatGPT masuk akal adalah karena investor utama OpenAI, Microsoft, tidak mampu bersaing melawan Google Search dengan Bing. Menurut Android Authority, ada spekulasi tentang OpenAI mengembangkan situs search engine dengan dukungan Bing, untuk bersaing dengan Google Search.

Menurut laporan, pengguna bisa melihat ringkasan yang dari hasil pencarian yang dibuat oleh kecerdasan buatan. Dan pencarian berbasis kecerdasan buatan bisa memberikan hasil yang lebih cepat.

BACA JUGA: OpenAI Berencana Akan Meluncurkan GPT-5 di Pertengahan 2024

Nantinya, ini akan mirip dengan Pencarian Generatif Google (Search Generative Engine) yang menempatkan ringkasan dan jawaban kecerdasan buatan tepat di tengah alat pencarian.

Sebelumnya, OpenAI dikabarkan akan segera merilis GPT-5 pada pertengahan tahun 2024. Nantinya GPT-5 ini akan menjadi versi terbaru dari model bahasa kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) yang menjadi tulang punggung ChatGPT.

Menurut laporan terbaru dari Business Insider yang mengutip dua sumber anonim yang akrab dengan perusahaan tersebut, beberapa pelanggan korporat baru-baru ini telah menerima demo GPT-5 dan peningkatan terkait untuk ChatGPT.

BACA JUGA: OpenAI Cabut Sam Altman dari Pengelolaan Dana Modal Ventura

OpenAI sendiri meluncurkan GPT-4 pada Maret 2023 sebagai upgrade untuk pendahulunya, GPT-3, yang muncul pada tahun 2020, dan GPT-3.5 dirilis pada akhir 2022.

Menurut laporan tersebut, OpenAI masih melatih GPT-5. Selanjutnya, model tersebut akan menjalani pengujian keamanan internal dan tahapan ‘red teaming’ untuk mengidentifikasi dan menangani masalah apa pun sebelum rilis publik.

Belum ada informasi resmi dari OpenAI terkait pengembangan search engine berbasis ChatGPT tersebut. Namun, pembaca bisa menunggu pada 9 Mei nanti apakah kabar tersebut benar atau tidak.

Editor: Eric Iskandarsjah

Related