SakuraLand Bangun USP Lewat Produk, Pricing, dan Place

marketeers article
Properti Hunian SakuraLand bawa tiga USP (Foto: SakuraLand)

PT Sakura Sejahtera (SakuraLand) sebagai pemain di industri properti Tanah Air, membangun daya saing melalui tiga unique selling point (USP) di banyak proyek hunian miliknya.

Tiga USP ini meliputi kualitas produk, pricing dengan harga yang terjangkau, dan lokasi hunian yang diklaim strategis. Upaya ini untuk merespons angka backlog hunian atau kesenjangan total rumah terbangun dengan jumlah yang dibutuhkan masyarakat Indonesia.

Berdasarkan data Survei Sosio Ekonomi Nasional (Susenas) tahun 2023, angka backlog hunian di Indonesia mencapai 12,71 juta, di mana, 2,9 juta, di antaranya tersebar di wilayah Jabodetabek.

Di dalam bisnisnya,  SakuraLand telah membangun beberapa kawasan hunian dan berencana akan mengembangkan beberapa kawasan hunian lagi.

Berdiri sejak tahun 2010, cikal bakal perusahaan ini telah hadir sejak tahun 1990 di kota Surabaya. Bermula dari kontraktor sipil, SakuraLand terus berkembang dengan membangun berbagai rumah tinggal, ruko, gudang, pabrik, dan gedung bank/instansi pemerintah.

BACA JUGA: Gandeng Rumah Mode Finlandia Marimekko, UNIQLO Bawa Koleksi Playful

“Kami memiliki pengalaman untuk membangun hunian berkualitas yang dibutuhkan pembeli dengan harga yang terjangkau,” tutur Randy, Marcomm SakuraLand dalam laporan tertulisnya.

Menurutnya, pengalaman tersebut menjadi ilmu yang berharga mengenai proses perijinan yang rumit, masalah kemasyarakatan yang kompleks, dan pentingnya dukungan perbankan dalam pengembangan sebuah proyek perumahan.

Randy menambahkan, SakuraLand mulai merambah bisnis pengembangan perumahan pada tahun 2010 dengan sebuah proyek perumahan Cluster 20 unit di kota Bekasi.

Sampai saat ini, perusahaan telah dibangun beberapa proyek perumahan skala kecil dan menengah di Bekasi, Garut, dan Sidoarjo. Segmen yang dilayani cukup beragam mulai dari Rumah Sederhana FLPP (Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan), rumah komersil menengah, dan rumah toko.

Track Record SakuraLand

SakuraLand telah menyelesaikan beberapa proyek hunian dan telah diserahterimakan kepada para penghuni. Beberapa hunian tersebut yakni Vila Samudra Jaya, Green Sentosa Asri, dan Bumi Malayu Regency.

Vila Samudra Jaya dibangun di atas lahan seluas 7 hektar dengan jumlah total rumah mencapai 500 unit. Kawasan ini selesai dibangun pada tahun 2018. Green Sentosa Asri yang juga berdiri di atas lahan 7 hektar memiliki total hunian 500 unit dan telah rampung dibangun di tahun 2022.

Lalu, Bumi Malayu Regency yang terdiri dari 350 unit rumah dan berdiri di atas lahan 5 hektar telah selesai dibangun di tahun 2023.

“Semua hunian tersebut memiliki fasilitas umum dan sosial (fasum-fasos) yang sama, yakni masjid, lapangan olahraga, taman, pos security 24 Jam, jaringan listrik, PDAM, dan internet,” tandas Randy.

Green Babelan Asri 

Saat ini SakuraLand sedang berupaya menyelesaikan beberapa kawasan hunian, yang mencakup Green Babelan Asri (GBA) dan Green Pilar Asri (GPA).

Green Babelan Asri memiliki luas lahan 21 hektar dengan total potensi hunian mencapai 2.000 unit. Sebanyak 800 unit sudah laku terjual dengan kisaran harga Rp 300–Rp 700 juta.

BACA JUGA: Dukung SDGs, Asuransi Astra Hadirkan Sarana Air Bersih di Bekasi

Randy memaparkan, GBA lokasinya sangat strategis, hanya 30 menit dari Jakarta Utara, 15 menit untuk mencapai Kota Harapan Indah, 30 menit ke Summarecon Mall Bekasi, dan kemudahan akses (15 menit ke pintu tol).

Selain itu, GBA juga menawarkan tanah lebih luas dan harga lebih terjangkau dibandingkan dengan kompetitor sekitar. Green Babelan Asri memiliki surrounding area yang lengkap mulai dari mal, sekolah, waterpark, supermarket, SPBU, rumah sakit, hingga pasar.

“Kami juga menawarkan free biaya KPR dan biaya surat-surat. Untuk fasos dan fasum, tersedia lapangan olahraga, jogging track, sekolah TK-SD, Indomaret, street food, masjid, pos security 24 jam, taman, jaringan listrik, PDAM, dan jaringan internet,” papar Randy.

Bagi masyarakat yang ingin memiliki hunian di GBA, saat ini SakuraLand sedang menggelar promo berupa bebas PPN dan gratis AC.

Green Pilar Asri

Sementara itu, Green Pilar Asri (GPA) dibangun di atas tanah seluas 7 hektar. Lokasinya di Jalan Raya Utama Pilar Sukatani. Total hunian yang bisa dibangun di GPA mencapai 500 unit. Dari jumlah tersebut sebanyak 250 unit sudah laris terjual.

Harga satu unit rumah di GPA berkisar Rp 500 – 900 juta. Konsumen pun bisa menikmati free biaya KPR dan biaya surat-surat.

USP yang ditawarkan perumahan ini, meliputi tanah lebih luas dan harga lebih terjangkau dibandingkan dengan kompetitor sekitar serta fasilitas premium clubhouse dengan kolam renang di dalamnya,

Selain itu, GPA juga memiliki keunggulan dari sisi akses, yakni 15 menit ke pintu tol, 10 menit ke stasiun KRL Cikarang, dan kendaraan umum 24 jam. Hal ini masih ditambah dengan surrounding area yang lengkap, meliputi mall, sekolah, waterpark, supermarket, SPBU, rumah sakit, pasar.

Related