Consumer Goods

Saling Klaim Antara GoFood dan GrabFood

Sebagai dua pemain besar di regional Asia Tenggara, baik GoFood dan GrabFood mengklaim sebagai pemain yang paling digunakan oleh pengguna di kawasan ini. Hasil riset Nielsen Singapura berjudul “Understanding Indonesia’s Online Food Delivery Market” menunjukkan GoFood menawarkan layanan pesan antar makanan terbaik di Indonesia, jauh lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata industri (39%).

Kepercayaan konsumen terhadap GoFood juga dibuktikan oleh beberapa temuan Nielsen di konsumen yang menggunakan lebih dari satu aplikasi yang mana GoFood dinilai oleh konsumen melebihi rata-rata industri. GoFood dianggap punya pilihan menu beragam dan dengan merchant beragam, masing-masing oleh 87% dan 83% konsumen.

Aplikasi GoFood dianggap user friendly dan mudah digunakan oleh 83% konsumen urban. Mitra pengemudi Gojek juga dinilai ramah, sopan, dan informatif oleh 82% konsumen urban. Top-up untuk pembayaran melalui aplikasi dinilai mudah oleh 82% konsumen urban. GoFood juga dianggap sebagai layanan pesan antar makanan tercepat oleh 79% konsumen urban.

Sementara itu, GrabFood menurut penelitian pasar yang dilakukan oleh Kantar, GrabFood adalah platform pengiriman makanan  yang paling sering digunakan di enam negara Asia Tenggara. Saat ini, GrabFood tersedia di Indonesia, Singapura, Malaysia, Filipina, Thailand, dan Vietnam. GoFood saat ini baru ada di Indonesia, Thailand, dan Vietnam.

Sejak Juni 2018 hingga Juni 2019, nilai pendapatan kotor (GMV) GrabFood di Asia Tenggara berkembang pesat sebesar 900%. Pada paruh pertama 2019 saja, GMV GrabFood di Indonesia naik hingga tiga kali lipat, sedangkan GMV di Vietnam, Thailand, dan Filipina meningkat lebih dari empat kali lipat.

Saat ini, di Indonesia, pangsa pasar GrabFood hampir mencapai 50%. Angka tersebut naik dari 15% sejak satu tahun lalu. GrabFood meyakini dalam kuartal III tahun ini akan segera menjadi platform pesan antar makanan terbesar di Indonesia. Menurut penelitian konsumen oleh Kantar, GrabFood adalah platform pesan antar makanan nomor satu yang paling sering digunakan di Indonesia. Sebanyak 57% orang Indonesia mengatakan GrabFood adalah platform pesan antar makanan yang paling sering mereka gunakan, diikuti oleh merek pesaing lainnya sebesar 42%.

Editor: Sigit Kurniawan

 

MARKETEERS X








To Top