Technology

Samsung Diperkirakan Hanya Akan Duduki Peringkat Tiga untuk Produksi Ponsel 5G

SUMBER: 123RF

Samsung Electronics diperkirakan akan menempati posisi ketiga dalam produksi ponsel pintar jaringan 5G pada tahun ini. Berdasarkan riset pasar TrendForce, Samsung memproduksi sekitar 29 juta unit ponsel pintar 5G.

Laporan tersebut menyebutkan bahwa Samsung menghadapi pelambatan di pasar China dalam beberapa tahun terakhir. Namun, hal tersebut tidak terlalu memengaruhi pangsa pasar dunia dan revenue mereka. Kendati demikian, harus diakui bahwa pertumbuhan Samsung di pasar ponsel pintar 5G melambat.

Dilansir Korea Herald, Huawei diperkirakan memimpin produksi ponsel pintar 5G dunia dengan 74 juta unit, diikuti Apple yang menghasilkan 70 juta unit sepanjang tahun 2020. Merek China lain seperti Vivo, OPPO, dan Xiaomi diperhitungkan masuk ke peringkat empat dengan volume produksi mencapai rata-rata 20 juta unit.

Kesuksesan merek-merek China menjual 5G di dunia tampaknya tidak terlepas dari andil pemerintah China yang agresif. Mereka berhasil memimpin pengembangan angkauan jaringan yang dibutuhkan di industri 5G dunia.

“Merek-merek China memimpin dibandingkan para kompetitor mereka dalam hal strategi 5G. Mereka memimpin 75% dari keseluruhan pangsa pasar ponsel pintar 5G dunia di kuarta dua tahun 2020,” bunyi laporan TrendForce.

Produksi ponsel pintar 5G pada tahun 2020 diperkirakan akan mencapai 235 juta unit. Mengambil 18,9% dari perkiraan total produksi ponsel pintar dunia sebesar 1,24 miliar unit. Hal ini bisa terus berkembang mengikuti proyeksi tentang penetrasi ponsel pintar 5G yang akan terus meningkat pada tahun depan.

Produksi ponsel pintar 5G dunia diperkirakan bisa melampaui 500 juta unit pada tahun 2021. Mengambil 40% bagian dari total pasar ponsel pintar.

Editor: Ramadhan Triwijanarko

MARKETEERS X








To Top