Digital

SehatQ Bangun Eksistensi Lewat Momentum Vaksin Gotong Royong

Ilustrasi: 123RF

Pemerintah telah mengajak pelaku usaha untuk terlibat aktif dalam pelaksanaan vaksin gotong royong. Ini merupakan program vaksinasi nasional di luar besutan pemerintah. Sejumlah perusahaan menunjukkan keterlibatannya pada kegiatan vaksinasi ini sejak hari pertama. Salah satu yang memanfaatkan momentum ini adalah SehatQ sebagai usaha rintisan konsultasi kesehatan online

SehatQ terlibat dalam program vaksin gotong royong dengan menjadi mitra sejumlah perusahaan. Di sini, SehatQ memberikan pendampingan untuk dua perusahaan Grup Sinar Mas, yaitu pabrik Sinar Mas Agribusiness and Food di Marunda, Kabupaten Bekasi dan PT Indah Kiat Pulp & Paper, Tbk Tangerang Mill, yang merupakan bagian dari Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas. 

“Kami menghadirkan tenaga kesehatan sebagai vaksinator untuk ribuan pekerja pada pelaksanaan vaksinasi. Selain itu, penerima vaksin juga bisa berkonsultasi lebih lanjut secara online melalui fitur Chat Dokter atau Telekonsultasi dengan video di SehatQ, termasuk untuk mempersiapkan diri menerima dosis kedua,” papar Founder SehatQ Linda Wijaya. 

Tak hanya pihak swasta. Pemerintah juga gencar melakukan monitoring. Pada hari pertama program vaksin gotong royong, Presiden Joko Widodo langsung melakukan pemantauan ke kawasan industri Jababeka. Sejumlah pemantauan virtual pun tidak lupa dilakukan oleh sang kepala negara. 

Besar harapan pemerintah agar sektor industri bisa segera kembali melakukan kegiatan produksi dengan optimal lewat program vaksin gotong royong. Produksi yang optimal inilah yang pada akhirnya diharapkan pemerintah bisa ikut serta menggerakkan roda perekonomian nasional. 

SehatQ sendiri merupakan usaha rintisan yang bergerak di bidang penyedia layanan kesehatan digital. Perusahaan yang berdiri sejak November 2018 tersebut sudah diakses oleh 20 juta pengguna tiap bulannya. 

Setidaknya, ada empat layanan utrama yang diberikan kepada perusahaan-perusahaan mitra untuk melaksanakan program vaksin gotong royong. Semua layanan diberikan dengan memanfaatkan teknologi dan sumber daya manusia dari SehatQ. 

Layanan pertama adalah online screening. SehatQ membantu melakukan pemeriksaan kesiapan peserta vaksin secara online. Screening dilakukan tidak hanya bagi calon peserta yang sehat. Calon peserta vaksinasi yang memiliki penyakit penyerta juga akan di-screening oleh tim SehatQ. Pasalnya, dalam kondisi tertentu, peserta dengan penyakit penyerta bisa tetap layak dan aman menerima vaksin Covid 19. 

Layanan kedua adalah penyediaan tenaga kesehatan. SehatQ menyediakan tenaga kesehataan bagi perusahaan mitra. Para tenaga kesehatan ini berperan sebagai vaksinator kepada para peserta vaksinasi. Penyediaan tenaga kesehatan yang andal dan terpercaya akan membuat proses vaksinasi menjadi lebih terjamin. 

Layanan ketiga terkait pemantauan kondisi kesehatan karyawan. Pemantauan dilakukan setelah peserta menerima vaksin COVID-19. Menariknya, pemantauan dari SehatQ dapat dilakukan lewat telekonsultasi. 

Hasil dari pemantauan tersebut akan dilaporkan kepada dinas kesehatan setempat. Bagi peserta yang merasakan keluhan lanjutan, SehatQ dapat menyediakan layanan konsultasi lanjutan via platform konsultasi kesehatan online ini. 

Lalu layanan keempat adalah pembuatan laporan vaksinasi. Perusahaan akan dipermudah karena SehatQ akan memberikan laporan pelaksanaan vaksinasi kepada perusahaan. Laporan ini bisa digunakan perusahaan untuk memastikan seluruh karyawan mendapatkan vaksin COVID-19, tanpa perlu mengunjungi fasilitas layanan kesehatan. Laporan ini bahkan bisa diakses oleh perusahaan secara daring. 

Selain menyediakan layanan untuk vaksin gotong royong, SehatQ juga memiliki sejumlah layanan reguler. Beberapa layanan yang dapat diakses dari platform SehaQ, seperti chat dan video chat dokter, toko vitamin, dan obat online

MARKETEERS X








To Top