Lifestyle

SehatQ Beri Edukasi Jeni-jenis Alergi Lewat Direktori Penyakit

Ilustrasi: 123RF

Alergi menjadi kondisi yang tidak bisa diremehkan. Pada sebagian orang, alergi memang hanya menghadirkan gejala berupa gatal-gatal dan bentol sampai hidung tersumbat. Namun di sebagian orang lainnya, alergi bisa membuat gejala berat berupa gangguan pernapasan sampai reaksi anafilaksis. Kondisi ini yang perlu diantisipasi dengan mengenal berbagai macam alergi.

Reaksi anafilaksi merupakan kondisi ketika seseorang mengalami penyempitan saluran napas hingga kesulitan bernapas hingga turunnya tekanan darah secara drastis sehingga kesadaran menjadi menurun. Mengenal alergi dan berbagai jenisnya pun menjadi langkah bijak agar kita tidak perlu berhadapan dengan gejala alergi yang berat. Kamu pun bisa mengecek beragam jenis alergi di fitur Direktori Penyakit yang ada di platform SehatQ.

Perlu diketahui, alergi bukan hanya menyangkut soal apa yang kamu makan. Ada berbagai macam jenis alergi yang tidak boleh luput dari kewaspadaan, seperti di bawah ini.

Alergi Makanan

Ini merupakan jenis alergi yang paling umum dipahami oleh banyak orang. Kebanyakan, alergi makanan lebih menyerang anak kecil di bawah usia tiga tahun. Prevalensi anak-anak di bawah tiga tahun yang menderita alergi makanan berkisar 6%-8%. Sementara itu, alergi makanan yang bertahan sampai dewasa umumnya ditemukan pada sekitar 3% orang dewasa.

Seseorang dikatakan mengalami alergi makanan apabila langsung mengalami gatal-gatal, masalah pencernaan, atau masalah saluran napas begitu menyantap makanan tertentu. Gejala tersebut merupakan reaksi dari kekebalan tubuh yang menolak makanan yang kamu santap.

Alergi Susu

Di Direktori Penyakit yang terdapat dalam platform SehatQ, alergi susu dibedakan dari alergi makanan. Pasalnya, gejala dari alergi susu bisa sampai menimbulkan reaksi anafilaksis yang membahayakan nyawa seseorang.

Seseorang yang menderita alergi susu umumnya bukan hanya mengeluarkan respons abnormal ketika mengonsumsi susu, melainkan juga ketika menyantap berbagai produk turunan dari susu, seperti keju, mentega, maupun yogurt. Yang dimaksud dengan alergi susu sendiri adalah alergi terkait pengonsumsian susu mamalia, seperti susu sapi, kerbau, maupun domba.

Alergi Lingkungan

Bisa dibilang, alergi lingkungan adalah jenis alergi yang paling banyak diderita orang di seluruh dunia. Setidaknya, hampir 40% penduduk dunia memiliki kondisi alergi lingkungan. Hanya saja, gejala dari jenis alergi yang satu ini biasanya tidak terlalu parah atau bahkan kurang disadari. Beberapa gejalanya, antara lain kelelahan yang mendadak, bersin-bersih, ataupun batuk-batuk. Beberapa penyebab dari alergi lingkungan antara lain alergi yang disebabkan oleh debu, bulu hewan peliharaan, sampai asap.

Alergi Obat

Dalam fitur Direktori Penyakit yang ada di SehatQ, kamu juga akan menemukan jenis alergi obat. Seseorang dikatakan mengalami alergi obat apabila sistem imunitas tubuhnya melakukan reaksi yang berlebihan terhadap suatu obat yang masuk ke tubuh. Ketika mengonsumsi obat yang ditolak oleh sistem kekebalan tubuh tersebut, seseorang akan mengalami gejala gatal-gatal sampai demam. Bahkan dalam kondisi tertentu, alergi obat bisa memunculkan reaksi anafilaksis yang membahayakan nyawa. Tidak jarang, alergi obat kerap disamakan dengan keracunan obat, padahal keduanya merupakan kondisi yang berbeda.

Alergi Sengatan Lebah

Sengatan lebah juga bisa memicu alergi. Pada beberapa orang, beberapa jenis sengatan lebah bisa memicu reaksi sampai kondisi anafilaksis. Reaksi ini merupakan gejala berat dari alergi yang mengancam jiwa. Alergi sengatan lebah umumnya dipicu oleh adanya apitoksin dan virus apis yang merupakan racun sengatan lebah. Seseorang yang mengalami reaksi anafilaksi yang dipicu oleh sengatan lebah sebaiknya segera dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan darurat.

Berikut beragam jenis alergi yang bisa kamu pelajari. Dengan mengenal jenis-jenis alergi ini, kamu juga semakin bisa mengenal lebih dalam siapa diri kamu.

Most Popular








To Top