Selain Burning Sun, 3 Dokumenter Ini Bongkar Kasus Besar di Korea

marketeers article
Dokumenter yang ungkap skandal Burning Sun (Foto: YouTube)

Skandal Burning Sun yang melibatkan sejumlah idol K-Pop, termasuk Seungri eks BIGBANG, lagi-lagi menjadi perbincangan di jagat maya. Topik ini kembali memanas usai BBC Eyes merilis film dokumenter terkait kasus tersebut.

Pada Minggu (19/5/2024), Tim Investigasi BBC World Service itu mengunggah video bertajuk Burning Sun – Exposing the Secret K-pop Chat Groups di YouTube. Ini mengungkap sejumlah fakta baru terkait kasus yang sempat menggemparkan dunia pada 2019 lalu.

Film berdurasi 1 jam 7 detik ini memperlihatkan perlakuan dua idol K-Pop yang diduga menjadi otak kejahatan skandal Burning Sun, yaitu Seungri dan Jung Joon Young. Mereka melakukan berbagai tindak kriminal, mulai dari pelecehan seksual hingga menyebarkan video asusila.

BACA JUGA: Hadiah Untuk ARMY! J-Hope BTS Akan Rilis Film Dokumenter dan Album

Dokumenter biasanya memang menggali fakta-fakta agar penonton bisa memahami apa yang sebenarnya terjadi dengan utuh. Tidak hanya Burning Sun, ada pula sederet dokumenter yang juga mengungkapkan kasus besar di Negeri Ginseng. Berikut rekomendasinya:

In the Name of God: A Holy Betrayal

In the Name of God: A Holy Betrayal mengungkapkan fakta di balik praktik-praktik mengerikan dari empat sekte aliran sesat di Korea Selatan, yang bahkan masih memiliki banyak pengikut hingga saat ini.

Mengaku sebagai utusan Tuhan, para pemimpin dari masing-masing kultus tersebut melakukan serangkaian kejahatan dan penyimpangan. Mulai dari kekerasan seksual, penyerangan fisik, eksploitasi manusia, pemerasan uang dan harta, hingga pembunuhan.

Cyber Hell: Exposing an Internet Horror

Cyber Hell: Exposing an Internet Horror membongkar fakta di balik sebuah skandal besar yang mengguncang Korea Selatan, yaitu pelecehan seksual yang terjadi melalui room chat berbayar di platform Telegram.

BACA JUGA: Suka The Devil on Trial? Ini Rekomendasi 3 Dokumenter Horor di Netflix

Dokumenter ini menguliti kasus yang dikenal sebagai Nth Room. Dalam kasus ini, para pelaku melakukan tindakan keji dengan menyebarkan video dan foto perempuan yang sebelumnya telah menjadi korban pemerasan serta kekerasan seksual.

The Raincoat Killer: Chasing a Predator in Korea

The Raincoat Killer: Chasing a Predator in Korea mengupas kasus pembunuhan berantai yang terjadi di Negeri Ginseng. Pelakunya ialah Yoo Young Chul, yang membunuh 20 orang di Seoul hanya dalam rentang satu tahun saja, yakni mulai 2003 hingga 2004.

Dokumenter ini membongkar kasus tersebut dari berbagai sisi. Termasuk, mengungkapkan penyebab tindakan keji Yoo Young Chul yang ternyata bermula dari kebenciannya terhadap perempuan kaya setelah bercerai dengan istrinya di tahun 2002.

Itulah sederet dokumenter yang mengupas kasus besar di Korea. Tertarik menonton salah satunya?

Editor: Ranto Rajagukguk

Related