Automotive

Selama Diskon PPnBM, Mitsubishi Xpander Ultimate Jadi Pilihan Konsumen

Pemerintah telah memberikan insentif untuk Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) pada beberapa model kendaraan penumpang dari sejak Maret hingga Mei 2021 hingga 100%. Hal ini telah memberikan angin segar pada para agen pemegang merek (APM). Selama periode tersebut, pada APM langsung menggenjot promosi untuk meningkatkan penjualan.

Selama perionde insentif, Maret-Mei 2021, MMKSI berhasil tumbuh 37% dibandingkan tiga bulan sebelumnya tanpa ada insentif, Desember 2020-Februari 2021. Khusus, Mei lalu, MMKSI berhasil menjual total kendaraan penumpang dan niaga ringan hingga 7.516 unit. Angka penjualan setara dengan penguasaan pangsa pasar MMKSI di industri mobil nasional hingga 12,6%.

Secara rinci, pada segmen kendaraan penumpang MMKSI mencatat penjualan 5.195 unit. Sedangkan pada segmen kendaraan niaga ringan MMKSI mencatat penjualan 2.321 unit. Model Mitsubishi Xpander, termasuk varian Xpander Cross, mendominasi kontribusi terhadap keseluruhan penjualan MMKSI hingga 49,6%. Mitsubishi L300 berkontribusi 22,6%, dan Mitsubishi Pajero Sport dengan kontribusi 18,9%.

“Adanya program pemerintah insentif PPnBM, permintaan terhadap Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross meningkat dua kali lipat. Jadi tentunya produksi dan penjualan meningkat dua kali lipat,” kata Irwan Kuncoro, Director of Sales & Marketing PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI).

Menariknya, salah satu varian Xpander yang mendapatkan durian runtuh dari kebijakan tersebut adalah  varian yang tertinggi, yakni  Xpander Ultimate. Selama tiga bulan masa insentif PPnBM, penjulan Mitsubishi Xpander Ultimate benar-benar melonjak.

“Bisa dikatakan selama PPnBM hampir semua varian Xpander maupun Xpander Cross mengalami peningkatan demand. Namun, permintaan yang paling tinggi adalah Xpander UItimate dan Xpander Cross Premium,” kata Budi Darmawan Daulay, Head of Sales and Marketing Region 1 Department PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI).

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Xpander Ultimate penjualan wholesale model ini mencapai 2.506 unit. Menariknya, Ultimate adalah varian tertinggi dari Mitsubishi Xpander. Artinya, konsumen Indonesia benar-benar memanfaatkan insentif pajak ini untuk mendapatkan mobil yang punya spesifikasi tertinggi.

Sebagai model tertinggi, Mitsubishi Xpander Ultimate memiliki fitur terlengkap dan paling dicari konsumen. Mobil ini memiliki ground clearance tertinggi hingga 205mm. Menggunakan suspensi Mcpherson Strut with Coll Spring pada bagian depan dan Torsion Beam pada sisi belakang.

Pada sisi keselamatan dan keamanan, varian ini sudah memiliki teknologi RISE (Reinforced Impact Safety Evolution) yang dapat meredam benturan. Lalu, memiliki sistem pengereman ABS (Anti-lock Braking System) dan EBS (Electronic Brake Force Distribution)

Dilengkapi juga dengan fitur HSC (Hill Start Assist), yakni untuk mencegah mobil mundur saat tanjakan. Mitsubishi juga menyematkan ASTC (Active Stability Traction Control) yang membantu pengemudi mengurangi terjadinya understeer atau oversteer.

Pada sisi interior, sudah memiliki head unit touch screen berukurn 6,2 inci yang sudah bisa  mengakses berbagai fitur multimedia seperti bluetooth dan AUX-in. Tidak hanya itu,  varian ini juga hadir dengan sematan DVD & CD Player, USB port, dan NFC (Near Field Communication) yang bisa menghubungkan smartphone dengan head unit.

Anda tertarik mendapatkan mobil ini? Pemerintah telah memperpanjang periode insentif pajak PPnBM (dengan ketentuan baru) hingga Agustus. Jadi, konsumen masih bisa mendapatkan diskon harga yang lumayan.

MARKETEERS X








To Top