Technology

Selama Pandemi Ada 265 Ribu Merchant UKM Gabung ke GoFood

Sumber: GoBiz

Berdasarkan data internal Gojek, sejak diluncurkan dua tahun lalu aplikasi GoBiz telah berhasil mendukung perkembangan bisnis UKM secara digital. Efek ini mengalami peningkatan setelah pandemi melanda. Setidaknya, ada 90% mitra usaha pengguna Gojek mengatakan teknologi yang dkembangkan Gojek membantu mereka bertahan selama pandemi. Salah satunya adalah aplikasi GoBiz yang fokus terhadap digitalisasi bisnis UKM,

Meskipun mendapatkan respons baik, Gojek tetap melihat kebutuhan untuk mengembangkan inovasi pada aplikasi layanannya. Hal ini didorong dengan kebutuhan digitalisasi bisnis UKM yang terus meningkat sekaligus upaya untuk memperluas jangkauan pengguna.

“Sebagai solusi komprehensif Gojek dalam memfasilitasi pelaku UKM agar bisa go digital, kami melihat kebutuhan inovasi yang harus dipenuhi oleh GoBiz. Salah satunya lewat kehadiran inovasi Daftar Mandiri yang dapat mempermudah proses keikutsertaan pelaku UKM ke dapan ekosistem pengembangan bisnis GoBiz,” jelas Novi Tandjung, Head of Merchant Platform Business Gojek.

Dilanjutkan, selama pandemi Gojek melihat adanya peningkatan kebutuhan UKM untuk segera melakukan transformasi digital. Dari catatan kinerja GoBiz, aplikasi ini berhasil mempercepat digitalisasi UKM dengan bergabungnya 265.000 UKM sebagai mitra merchant GoFood pada periode Maret-Agustus 2020.

Lewat inovasi Daftar Mandiri, GoBiz memfasilitasi kemudahan dan keamanan proses aktivasi akun mitra UKM. Pengguna GoBiz bisa melakukan pendaftaran, mengecek status verifikasi usaha, dan dan aktivasi akun secara mandiri melalui aplikasi. Inovasi ini bisa langsung dinikmati oleh UKM yang baru saja memulai usahanya dan juga pengguna lama GoBiz yang ingin terus meningkatkan adaptasi bisnis.

“Dari awal hadir, GoBiz ditargetkan untuk mempermudah pelaku UKM dalam menjalankan bisnisnya. Kehadiran inovasi baru ini menjadi cara kami untuk menjaga kepercayaan pengguna dan juga mewujudkan kemudahan yang dijanjikan agar semakin banyak pelaku UKM yang bisa beradaptadi dengan kondisi industri masa kini,” tambah Novi.

Dalam inovasi barunya ini, GoBiz tetap memberlakukan syarat pendaftaran yang terdiri dari pengisian identitas lengkap pemilik usaha, informasi bank, informasi usaha, dan area operasional. Jika syarat dipenuhi secara lengkap, pemilik usaha bisa langsung menunggu verifikasi. Namun juga data tidak lengkap, meskipun bersifat mandiri, tim verifikasi GoBiz akan menghubungi pendaftar agar melengkapi datanya dan lolos verifikasi.

“Setelah lolos verifikasi, pengguna akan melakukan konfirmasi ulang untuk mengaktivasi akun dan mulai menerima pesanan lewat GoBiz,” tutup Novi.

Editor: Ramadhan Triwijanarko

MARKETEERS X








To Top