Lifestyle & Entertainment

Selama Pandemi Intensitas Pembaca Konten Online Semakin Melejit

Sumber: 123rf

Platform baca-tulis digital Storial.co mencatat pertumbuhan penggunaan signifikan selama masa pandemi. Pada Kuartal I tahun 2020, platform ini menunjukkan peningkatan akses hingga tiga kali lipat.

Periode pertumbuhan tertinggi terjadi pada bulan Maret-Mei yang mencatat peningkatan traffic hingga 350% dibandingkan sebelum masa karantina. Tidak hanya itu, Storial juga mencatat peningkatan durasi pembaca yang lebih lama.

Steve Wirawan, CEO Storial mengatakan rata-rata sebanyak 60 bab di baca per minggunya. Menurutnya, masa karantina dan pembatasan sosial menyebabkan masyarakat mengadopsi kegiatan membaca daring lebih cepat dari biasanya.

“Hal ini bisa jadi didukung oleh semakin banyaknya waktu yang dimiliki di rumah, sehingga, masyarakat memerlukan kegiatan yang bersifat aktualisasi diri seperti membaca atau menulis cerita,” kata Steve.

Faktor lainnya adalah kebutuhan masyarakat untuk tetap terhubung satu sama lain. Di masa pembatasan ini, banyak komunikasi yang terpaksa terputus. Steve mengatakan di celah inilah Storial berusaha mengisi, yaitu memberikan konten sebagai aktualisasi diri sekaligus memenuhi kebutuhan interaksi antara pembaca dan penulis cerita.

Peningkatan tidak terjadi pada sisi pengguna. Platform storial yang mengadaptasi teknologi koin digital (koin Storial) untuk mengakses konten-konten premium juga mencatat peningkatan pembelian koin. Hal ini menjadi poin positif, karena berarti penulis-penulis yang telah tergabung dalam premium writer mengalami peningkatan pendapatan.

“Meskipun sebagian besar cerita dapat diakses secara gratis, fitur premium writer bisa menjadi cara para penulis lepas untuk memonetisasi karyanya. Di masa pandemi seperti sekarang, peningkatan ini tentu berbuah baik bagi para kreator yang tengah dilanda masa sulit,” tutup Steve.

Editor: Ramadhan Triwijanarko

MARKETEERS X








To Top