Automotive

Selama Periode Insentif PPnBM, Penjualan MMKSI Tumbuh 37%

Insentif PPnBM dari pemerintah untuk beberapa jenis mobil telah membuahkan hasil. Para agen pemegang merek (APM) berhasil meraih pertumbuhan penjulan semenjak kebijakan ini berlaku pada Maret 2021.

Salah satu APM yang penjualannya terkatrol adalah PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI). Selama perionde insentif, Maret-Mei 2021, MMKSI berhasil tumbuh 37% dibandingkan tiga bulan sebelumnya tanpa ada insentif, Desember 2020-Februari 2021.

Khusus, bulan Mei lalu, MMKSI berhasil menjual total kendaraan penumpang dan niaga ringan hingga 7.516 unit. Angka penjualan setara dengan penguasaan pangsa pasar MMKSI di industri mobil nasional hingga 12,6%.

“Kami berterima kasih pada pemerintah yang telah menginisiasi program relaksasi PPnBM dan memberikan kontribusi efek positif untuk penjualan model Xpander dan Xpander Cross. Selain itu,  apresiasi tertinggi kami untuk para konsumen yang telah mempercayakan pilihannya pada lini kendaraan penumpang Mitsubishi Motors,” ungkap Naoya Nakamura, President Director PT MMKSI.

Secara rinci, pada segmen kendaraan penumpang MMKSI mencatat penjualan 5.195 unit. Sedangkan pada segmen kendaraan niaga ringan MMKSI mencatat penjualan 2.321 unit. Model Mitsubishi Xpander, termasuk varian Xpander Cross, mendominasi kontribusi terhadap keseluruhan penjualan MMKSI hingga 49,6%. Mitsubishi L300 berkontribusi 22,6%, dan Mitsubishi Pajero Sport dengan kontribusi 18,9%.

Produk-produk Mitsubishi juga mampu memimpin di segmennya masing-masing. Mitsubishi New Pajero Sport menjadi pemimpin pasar dengan lebih dari 60% pangsa pasar di segmen Medium sport utility vehicle (SUV) 2.500 CC (4×2 dan 4×4). Lalu,  L300 memimpin di segmen small pick-up 4×2 dengan pangsa pasar dengan lebih dari 64%. Sedangkan Mitsubishi Triton memimpin segmen pick-up 4×4 dengan 58% pangsa pasar.

Untuk model Xpander, termasuk Xpander Cross, berhasil menjadi pemain yang diperhitungkan. Pangsa pasar model tersebut mencapai 29% pada segmen small multipurpose vehicle (MPV).

Naoya menambahkan, untuk terus meningkatkan penjualan Xpander, MMKSI juga baru saja meluncurkan kembali edisi spesial Xpander Rockford Fosgate Black Edition dan Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition. Kedua edisi spesial ini untuk mengakomodasi antusiasme dan penerimaan yang sangat baik atas edisi sebelumnya.

“Edisi spesial ini diharapkan dapat menjadi pilihan yang tepat untuk memenuhi beragam preferensi dan kebutuhan konsumen serta mendukung penjualan model Mitsubishi Motors di Indonesia,” ungkap Naoya.

MARKETEERS X








To Top