Separuh Volume Perdagangan Harian Bitcoin Dilaporkan Palsu

profile photo reporter Bernadinus Pramudita
BernadinusPramudita
29 Agustus 2022
marketeers article
Separuh Volume Perdagangan Harian Bitcoin Dilaporkan Palsu (FOTO:123RF)

Lebih dari setengah volume perdagangan Bitcoin (BTC) yang dilaporkan kemungkinan palsu atau non-ekonomis. Hal ini dilaporkan berdasarkan riset yang dilakukan oleh Forbes.

“Kami memperkirakan volume Bitcoin harian global untuk industri ini adalah US$ 128 miliar pada 14 Juni. Itu 51% lebih rendah dari US$ 262 miliar yang akan didapat dengan mengambil jumlah volume yang dilaporkan sendiri dari berbagai sumber,” tulis laporan Forbes, Senin (29/8/2022).

Forbes mengatakan tidak ada metode yang diterima secara universal untuk menghitung volume harian Bitcoin, bahkan di antara perusahaan riset paling terkemuka di industri ini. Misalnya, pada laporan Forbes, CoinMarketCap menempatkan perdagangan Bitcoin 24 jam terbaru di US$ 32 miliar, CoinGecko US$ 27 miliar, Nomics US$ 57 miliar dan Messari US$ 5 miliar.

“Area masalah terbesar mengenai volume palsu adalah perusahaan yang menggembar-gemborkan volume besar namun tidak adanya pengawasan dan peraturan yang mengawasi volume perdagangan ini membuat angkanya seolah-olah kredibel, terutama Binance, MEXC Global dan Bybit. Secara keseluruhan, pertukaran dihitung dalam penelitian kami mengatakan bahwa jumlah volume sebenarnya sekitar US$ 89 miliar, di mana mereka mengklaim US$ 217 miliar,” kata laporan tersebut.

Salah satu kritik paling umum terhadap Bitcoin adalah wash trading (suatu bentuk volume palsu) dan pengawasan yang buruk di seluruh bursa. Komisi Perdagangan Berjangka Komoditas Amerika Serikat (AS) mendefinisikan wash trading sebagai transaksi untuk memberikan kesan bahwa pembelian dan penjualan telah dilakukan, tanpa menimbulkan risiko pasar atau mengubah posisi pasar pedagang.

Alasan mengapa beberapa pedagang terlibat dalam wash trading adalah untuk meningkatkan volume perdagangan suatu aset untuk memberikan kesan popularitas yang meningkat. Dalam beberapa kasus, bot perdagangan melakukan pencucian ini dalam token, meningkatkan volume, sementara pada saat yang sama orang dalam memperkuat aktivitas dengan komentar positif, menaikkan harga yang secara efektif merupakan skema pump and dump

Wash trading juga menguntungkan pertukaran karena memungkinkan mereka tampak memiliki volume lebih banyak daripada yang sebenarnya, berpotensi membuat orang ikut bertransaksi melalui pertukaran tersebut.

Editor: Ranto Rajagukguk

Related