Seperti Apa Diferensiasi Mal Baru Bandung 23Paskal?

profile photo reporter Saviq Bachdar
SaviqBachdar
25 November 2016
marketeers article
Bandung akan kedatangan pusat belanja baru. Adalah 23Paskal, mal seluas 60.000 m2 yang dikembangkan oleh PT Indonesian Paradise Property Tbk (Paradise). Rencananya, pada Maret 2017, mal yang terletak di kawasan Pasir Kaliki ini akan beroperasi.
Ini merupakan proyek pertama Paradise di Kota Bandung. Berdasarkan keterangan perusahaan, mal ini sudah mengantongi 140 tenan dengan tingkat okupansi diharapkan telah sampai 81% pada awal mal dibuka.
“23Paskal fokus sebagai mal yang menyediakan specialty products, di mana tenan-tenan yang ada membawa experience yang unik. Berbeda dengan pemain mal lain seperti Lippo yang isinya tenan-tenan besar seperti Hypermart, Matahari, atau Sogo,” ucap Anthony Prabowo Susilo, Vice President Director & COO Indonesia Paradise Property Tbk di Grand Hyatt Jakarta, Kamis (24/11/2016).
Anthony menerangkan, dari sisi positioning, mal ini menyasar segmen middle up, antara lain keluarga, profesional, pengusaha, maupun mahasiswa. Sehingga komposisi tenannya cukup berbagi antara hig end dan high street.
23Paskal memiliki lease area seluas 40.000 m2 dengan tenan-tenan yang sudah komit antara lain CGV, H&M, Zara, Zara Home, Mango, Oysho, Pull&Bear, Mothercare, dan lainnya.
Namun sayang, Anthony tak mau buka-bukan soal harga sewa per meter persegi dan marketing sales yang sudah diraih malnya itu. “Yang jelas, harga sewa kami cukup premium,” tukasnya.
Kehadiran mal tiga lantai ini melengkapi portofolio ritel yang dimiliki perusahaan yang dulu bernama PT Penta Karsa Lubrindo. Paradise memiliki Plaza Indonesia Tbk (saat ini mengempit 10,64% saham PI), Beachwalk Kuta Bali, fX Sudirman, dan Park 23 Tuban Bali. “23Paskal akan menjadi flagship retail kami di Bandung. Investasinya hampir Rp 500 miliar,” ujar Anthony.
Selain pusat belanja, di lokasi tersebut juga terdapat kampus dari Bina Nusantara serta hotel 140 kamar yang dioperasikan oleh Tauzia Hotel Management dengan merek Yello. Keberadaan Binus menambah captive market dari mal ini. Pasalnya, Binus yang mulai membuka kelas pertamanya pada September tahun depan bakal menjaring 4.000 mahasiswa.
“Belum lagi, lokasi kami dekat dengan Paskal Hyper Square yang memiliki kantor dan alfresco dining. Mereka saja sudah menarik 20.000 orang per hari,” katanya.
Karenanya, 23Paskal menargetkan mampu menarik trafik harian sebanyak 20.000 hingga 28.000 orang.
Sudah memiliki mal, kampus, dan hotel, apakah Paradise juga akan membangun residensial di Bandung? Anthony menjawab, dengan lahan yang sudah terbatas, pihaknya belum terpikir untuk membangun apartemen di lokasi tersebut.
Editor: Eko Adiwaluyo

Related