Technology

Shopee Catatkan Peningkatan Pembayaran Digital Sejak Masa Pandemi

Photo Credits: 123rf

Platform e-Commerce asal Asia Tenggara, Shopee mencatatkan peningkatan pembayaran digital pada platform mereka sejak pandemi COVID-19 merebak. Shopee menemukan, ada lebih banyak customer yang menggunakan kartu kredit, transfer bank, dan ShopeePay untuk transaksi pembayaran mereka.

Tren ini diprediksi Shopee akan terus berlanjut. Mengutip laporan Boston Consulting Group, wabah COVID-19 diperkirakan akan mendorong lebih banyak rumah tangga di Asia Tenggara menerapkan pembayaran digital.

Direktur Shopee Indonesia Handhika Jahja di Jakarta, Senin (13/07/2020)mengatakan, “2020 telah membawa perubahan yang signifikan dalam cara hidup, bekerja, dan berbelanja online di tengah masyarakat. Di antara perubahan ini, salah satunya dalam mewujudkan cashless society di Indonesia. Pembayaran digital dapat memberikan kenyamanan dan keamanan bagi customer.”

Shopee menemukan, 80% dari jumlah total pembelian menggunakan pembayaran digital dilakukan oleh pengguna antara usia 18-34 tahun. Namun, pengguna yang lebih tua juga mulai mengadopsi metode pembayaran digital saat berbelanja online. Sebanyak 45% jumlah transaksi menggunakan ShopeePay yang digunakan oleh pengguna Shopee di atas usia 50 tahun.

Dari aspek gender, pembayaran digital lebih banyak diadopsi oleh kaum pria dibandingkan para perempuan. Selama setahun terakhir, pertumbuhan pembayaran digital sebanyak 35% lebih tinggi untuk pria dibandingkan perempuan.

Sementara dari aspek geografis, pembayaran digital lebih banyak digunakan di perkotaan. Kota-kota seperti DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Timur memiliki penerapan pembayaran digital tertinggi.

Kota-kota besar yang merupakan pendorong utama pertumbuhan ekonomi Indonesia memiliki konektivitas yang lebih baik dan infrastruktur teknologi yang lebih maju. Individu di kota-kota ini juga memiliki penetrasi smartphone yang lebih tinggi, yang berkontribusi pada adopsi pembayaran digital.

Tak mau kehilangan momentum, Shopee pun terus membangun awareness dari fitur pembayaran digital mereka, ShopeePay.

“Melalui fitur layanan uang dan dompet elektronik terintegrasi, ShopeePay, Shopee berusaha memastikan pengguna dapat berbelanja dan melakukan pembayaran secara efektif. Selain kemudahan penggunaan, ShopeePay menawarkan beberapa manfaat bagi pengguna yang meliputi kenyamanan, efisiensi, keamanan, dan penghematan biaya yang lebih besar,” imbuh Handhika.

MARKETEERS X








To Top