Automotive

Siap-Siap, Apple Akan Gandeng Hyundai Produksi Mobil Listrik

SUMBER: 123RF

Apple dan Hyundai dikabarkan bersiap untuk kerjasama memproduksi kendaraan listrik pada awal tahun 2022. Kedua perusahaan tersebut dikabarkan akan menandatangani kesepakatan kolaborasi pada Maret 2021 mendatang.

Dilansir dari Business Insider, setelah versi beta dari kendaraan listrik siap pada tahun depan. Produksi massal akan dimulai pada tahun 2024 dengan target sekitar 100 ribu kendaraan di Amerika Serikat. Bukan sekadar kendaraan listrik biasa, Apple dan Hyundai juga ingin mengembangkan self driving electric vehicle.

Kerjasama Hyundai dengan Apple akan membawa kompleksitas tersendiri, mengingat keduanya berasal dari latar belakang industri yang berbeda. Menurut Executive Director Research Analyst Morgan Stanley Shin Youngsuk, kemitraan ini bila benar-benar kejadian akan menjadi hal yang positif bagi Hyundai. Terlebih, Apple terkenal sering melakukan banyak hal disruptif di berbagai industri.

“Kali ini, mereka tampaknya mulai menyasar pasar kendaraan. Meski begitu, kami masih bisa melihat adanya kekhawatiran, Hyundai justru bisa membantu kompetitor untuk tumbuh,” ujar Shin.

Mobil listrik yang dikembangakan Apple dan Hyundai tampaknya akan diproduksi di pabrik Kia, perusahaan afiliasi Hyundai. Namun, tidak menutup kemungkinan kedua perusahaan justru membangun pabrik baru untuk membantu mereka memproduksi 400 ribu kendaraan per tahun.

Editor: Ramadhan Triwijanarko

MARKETEERS X








To Top