Sinergi Amartha dan BPR Hariarta Sedana untuk Akses Permodalan UKM

profile photo reporter Clara Ermaningtiastuti
ClaraErmaningtiastuti
03 Januari 2022
marketeers article
PT Amartha Mikro Fintek (Amartha) mengumumkan kerja sama dengan Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Hariarta Sedana. Kolaborasi keduanya dilakukan untuk penyaluran pinjaman modal usaha bagi perempuan pengusaha mikro dengan sistem pola kredit channeling sebesar Rp 100 miliar.
“Kami gencar menjalin kolaborasi dengan sektor perbankan untuk dapat mengakselerasi penyaluran permodalan bagi jutaan perempuan di Indonesia. Kolaborasi dengan BPR Hariarta Sedana ini juga diharapkan mampu menjadi penggerak institusi lain untuk bersama memberikan akses permodalan melalui Amartha,” tutur Chief Risk & Sustainability Officer Amartha Aria Widyanto.
BPR Hariarta Sedana sudah beroperasi sejak tahun 1989. Saat ini, mereka telah menjangkau lebih dari 29.000 nasabah yang tersebar di wilayah Jakarta dan Tangerang dengan total aset sebesar Rp 253 miliar hingga awal Desember 2021. 
BPR Hariarta menyediakan layanan akses keuangan mulai dari kredit, deposito serta tabungan. Direktur Utama BPR Hariarta Sedana Gede Yudha mengungkapkan bahwa bermitra dengan Amartha menjadi pilihan mereka karena bisnis model yang sustanable.
“Amartha mengombinasikan teknologi dengan pendekatan humanis sehingga setiap usaha yang dijalankan para mitra tetap termonitor dengan baik bahkan bertumbuh meskipun di tengah pandemi. Ini merupakan langkah tepat bagi kami karena dapat mengeksplorasi potensi baru melalui teknologi untuk meningkatkan portofolio kredit produktif sekaligus menjangkau nasabah dengan segmen yang lebih luas lagi,” ujar Gede Yudha.
Dengan adanya penyaluran pendanaan dari BPR Hariarta Sedana, Amartha optimistis dapat membangkitkan potensi UKM di wilayah Jawa yang sempat terpuruk karena merebaknya pandemi. Permodalan akan digunakan untuk menyasar sektor perdagangan yang berpotensi untuk terus tumbuh seiring dengan membaiknya kondisi ekonomi di Indonesia.

Related