Sinergi BRI dan Beemarket.id Dorong UKM Pasarkan Produk Unggulan

profile photo reporter Adiva Maharani
AdivaMaharani
21 Juni 2022
marketeers article
Kerja sama BRI dan Beemarket.id (Foto: BRI)
BRI terus berkomitmen untuk memberdayakan UKM nasional dan kali ini upayanya diwujudkan melalui kolaborasi dengan Beemarket.id. Sebagai platform pasar digital bagi UKM kategori makanan dan minuman, fesyen, kecantikan, kesehatan dan kerajinan, Beemarket.id mendukung UKM Indonesia untuk memperluas pasar di domestik maupun internasional. 
Sejak pandemi Covid-19, pelaku UKM terus menunjukkan pertumbuhannya sehingga mampu memberikan kontribusi besar pada perekonomian nasional. Hal ini mendorong Beemarket.id terus memberikan layanan dan menjadi pusat database bagi konsumen global agar mudah mencari produk UKM lokal.  
Selain Beemarket.id, BRI juga menggandeng sejumlah pihak guna mendorong percepatan pencapaian tujuannya dalam pemberdayaan UKM Indonesia. Pihak yang turut serta berkolaborasi antara lain adalah Pelindo Solusi Logistik, Pos Indonesia, Patra Jasa, dan pelaku UKM Beemarket. 
Amam Sukriyanto, Direktur Bisnis Kecil dan Menengah BRI mengatakan, pihaknya berkomitmen dalam akselerasi pengembangan UKM untuk memperluas pasar dan menunjang UKM go digital. Melalui kolaborasi dengan platform e-commerce, maka akan membantu percepatan pemberdayaan dan digitalisasi UKM. 
“Inisiatif ini merupakan salah satu strategi yang tepat bagi UKM untuk terus melakukan ekspansi, meningkatkan brand value dan memperluas pangsa pasar. Diharapkan kerja sama ini juga dapat meningkatkan kecintaan masyarakat Indonesia terhadap produk lokal, khususnya Beeambyars yang menyasar konsumen di perkantoran,” kata Amam dikutip dari laman BRI.
Sebagai informasi, Beeambyars (Ambil Bayar Sendiri) adalah booth yang menyediakan aneka snack dan memiliki konsep kantin jujur. Produk UKM yang hadir di Beemarkey.id dapat dinikmati di kantin jujur tersebut. Konsumen hanya perlu melakukan pembayaran melalui scan QRIS yang ada di booth Beeambyars. Sejauh ini, Beeambyars telah tersedia di sejumlah wilayah perkantoran di Jakarta, khususnya perkantoran BRI.
Dalam pelaksanaannya, Beemarket ini juga bekerja sama dengan beberapa partner. Sinergi ini mengajak Patra Jasa yang bertugas dalam penempatan Beeambyars di lokasi kerja sama, Pelindo Solusi Logistik sebagai pendukung pengiriman ekspor produk UKM ke pasar global, serta juga Pos Indonesia guna mendukung pengiriman di wilayah dalam negeri.
Editor: Ranto Rajagukguk

Related