Sinergi BUMN Dukung Pembuat Miniatur Pesawat Garuda Gus Khomaidi

profile photo reporter Afra Hanin
AfraHanin
21 Februari 2022
marketeers article
Kementerian BUMN RI terus mengupayakan berbagai langkah untuk mendorong pertumbuhan dan perkembangan industri kreatif di Indonesia.  Salah satu bentuk nyatanya adalah dengan mendukung para kreator di Indonesia. Seperti yang dilakukan kepada Gus Khomaidi yang dikenal sebagai pembuat miniatur pesawat Garuda Indonesia yang baru-baru ini viral di media sosial.
Menangkap momentum tersebut, PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk bekerja sama dengan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Keduanya membantu Khomaidi mengembangkan salah satu karyanya dalam membuat miniatur pesawat terbang Garuda Indonesia. Bantuan yang diberikan berupa dana CSR sebesar Rp 50 juta dari BRI, yang dapat dijadikan modal usaha bagi Khomaidi. Selain itu, dukungan promosi dari Garuda Indonesia berupa kesiapan kanal GarudaShop untuk menjual miniatur hasil karya Khomaidi juga diberikan.
Erick Thohir, Menteri BUMN RI, turut memberikan apresiasi kepada hasil kreativitas dari Khomaidi.  “Apa yang dilakukan Gus Khomaidi ini luar biasa. Demi wujudkan kreativitasnya, ia tak peduli saat diragukan orang. Meski perlu waktu lama, ia terus mencoba hingga berhasil, dan kini banyak orang, termasuk saya sangat mengapresiasinya,” ucapnya yang dimuat dalam laman resmi BUMN.
Erick juga menambahkan bahwa, BUMN merupakan agent of development serta pelayanan public perlu memberikan ruang terjadinya kolaborasi untuk bersama membangun ekosistem.  “Saya punya mimpi Indonesia jadi negara yang ekonomi kreatifnya maju, dengan pop culture yang bisa menjadi andalan bagi perekonomian. Nilai tambah dari kreasi Khomaidi ini bisa memperkaya elemen pop culture khas Indonesia, dengan Garuda Indonesia sebagai lambang dari transportasi udara representatif bangsa kita,” lanjut Erick.
Melanjutkan, Erick menegaskan bahwa masyarakat harus berani bermimpi, tapi juga bisa dikerjakan dalam keseharian. Erick berharap mimpi milik Khomaidi untuk menaiki Garuda, membuat pesawat Garuda, melihat cockpit, dan usahanya menjadi maju sudah bisa menjadi kenyataan..
Pemberian bantuan ini berawal ketika Menteri BUMN menemukan sendiri video Khomaidi di media sosial saat ia membuat dan menerbangkan miniatur pesawat Garuda Indonesia.  Menurut Erick, kegiatan yang dilakukan oleh Gus Khomaidi adalah salah satu bentuk gambaran orang Indonesia sejatinya sangat mendukung maskapai Garuda Indonesia.  Faktor pendukung inilah yang membuat Erick akan mengajak Gus Khomaidi untuk naik pesawat Garuda Indonesia.
“Kami mengajak Gus untuk merasakan pesawat Garuda Indonesia. Ini adalah apresiasi dari kami. Upaya ini juga menggambarkan bahwa Garuda Indonesia sedang melakukan recover dari situasi saat ini,” ucap Erick.
Khomaidi mengungkapkan inspirasi untuk membuat miniatur pesawat datang setelah ia belajar aeromodelling, yang ia juga terapkan dalam bentuk miniatur pesawat Garuda Indonesia.  “Ini suatu kebanggaan dan kehormatan buat saya, yang tidak akan terlupakan seumur hidup saya. Ke depan, kami akan produksi pesanan miniatur pesawat dan membuat komunitas aeromodelling di Madura,” ungkapnya.
Melalui kesempatan ini, BRI juga memberikan dukungannya berupa bantuan alat produksi yang diharapkan dapat memaksimalkan kemampuan Khomaidi dalam membuat model pesawat yang lebih bagus.  “Ke depan jika nilai usahanya berkembang, BRI siap memberikan pendanaan melalui pinjaman dengan bunga murah,” ujar Agus Noorsantu, Direktur Bisnis dan Wholesale BRI.
Memiliki visi yang sama dalam menyediakan wadah kreativitas bagi generasi di Indonesia bersama dengan sinergitas BUMN, Garuda Indonesia juga akan terus mendukung penjualan model tersebut melalui platform GarudaShop. “Ini merupakan wujud kontribusi dan dukungan kami sebagai National Flag Carrier untuk mendukung daya saing kreasi karya anak negeri yang tidak hanya dapat dijangkau oleh masyarakat Indonesia namun juga masyarakat dunia melalui kanal digital GarudaShop yang kami miliki,” jelas Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra.
Editor: Muhammad Perkasa Al Hafiz

Related