Sinopsis Possession: Kerasukan, Film Horor yang Soroti Isu Patriarki

marketeers article
Salah satu adegan dalam Possession: Kerasukan (Foto: YouTube)

Possession: Kerasukan akan segera tayang di bioskop mulai Rabu (8/5/2024). Film horor ini tak sekadar mengandalkan jumpscare atau memunculkan hantu, tapi juga meneror penonton lewat pemikiran karakternya yang terjerat dalam sistem patriarki.

Karya garapan sutradara Razka Robby Ertanto ini merupakan remake dari film Prancis berjudul serupa keluaran tahun 1981. Film yang pernah ditayangkan di Festival Film Cannes itu bahkan diklaim cukup berpengaruh dan laris di berbagai negara, seperti Amerika Serikat (AS). 

Possession versi Indonesia menggunakan pocong sebagai atribut horor. Di samping itu, film tersebut juga membawa isu patriarki, yang mana karakter perempuan hanya dianggap sebagai pemuas nafsu bejat dan niat buruk dari banyak laki-laki di sekitarnya.

BACA JUGA: Sinopsis The Architecture of Love, Film Terbaru Nicholas Saputra

Film ini dibintangi oleh sederet aktor dan aktris ternama, antara lain Darius Sinathrya, Carissa Perusset, Sara Fajira, Arswendy Bening Swara, dan Nugie. Lantas, seperti apa kisah horor yang dibalut dalam isu patriarki ini? Berikut sinopsisnya:

Sinopsis Possession: Kerasukan

Possession: Kerasukan mengikuti kisah Faris, seorang anggota tentara yang baru kembali ke keluarganya setelah menjalani dinas selama berbulan-bulan. Alih-alih mendapat sambutan hangat, istrinya yang bernama Ratna justru meminta cerai.

Sejak kepulangan Faris, Ratna memang menunjukkan perilaku yang menurut sang suami tidak semestinya dilakukan seorang istri. Namun, dari perspektif Ratna, ia tidak terima saat hanya dijadikan sebagai pelampias nafsu suaminya.

Ratna sendiri memegang teguh pendirian bahwa perempuan boleh tidak menerima ajakan berhubungan intim dengan suaminya atas dasar tidak ingin. Akan tetapi, Faris menyalahartikan pandangan tersebut.

BACA JUGA: 4 Film Horor Indonesia Adaptasi Kisah Nyata, Terbaru Vina: Sebelum 7 Hari

Tentara Angkatan Laut itu menilai pemikiran patriarki dibalut feminisme yang dianut oleh Ratna justru menandakan bahwa istrinya selingkuh. Di luar dugaan, tetangga mereka yang merupakan seorang kakek tua justru mengatakan Ratna tengah kerasukan.

Ratna terkadang terlihat bertingkah laku tidak wajar, seperti seakan sedang bersenggama tanpa lawan bercinta dan membentur-benturkan kepalanya ke meja. Kakek tua itu pun mengatakan bisa membantu menyembuhkan Ratna yang kerasukan hantu pocong melalui ritual.

Namun, benarkah Ratna memang sedang kerasukan? Atau justru, itu hanya akal-akalan untuk mendapat ‘keuntungan’ darinya? Saksikan kisah Possession: Kerasukan selengkapnya mulai 8 Mei mendatang.

Editor: Ranto Rajagukguk

Related