Lifestyle

Social Bella Ungkap 4 Perubahan Perilaku Pelanggan Produk Kecantikan

Social Bella

Beauty-tech company Social Bella belum lama ini mengungkap empat perubahan perilaku konsumen produk kecantikan di Indonesia. Perubahan ini didorong akibat adanya pandemi COVID-19 yang telah melanda dunia dua tahun terakhir. Perubahan perilaku pelanggan kecantikan ini buah dari upaya untuk terus beradaptasi dengan kondisi yang terjadi.

Chrisanti Indiana, Co-Founder & CMO Social Bella mengungkapkan bahwa selama pandemi, pelanggan kecantikan adalah yang paling adaptif di tengah perubahan yang terus terjadi. Ditambah, teknologi informasi yang semakin canggih mendorong mereka untuk memanfaatkan peluang yang ada.

“Di tengah pandemi, kami melihat pelanggan kecantikan paling adaptif. Walaupun menggunakan masker, mereka masih sering bereksplorasi dengan tren make up. Mereka juga aktif mempelajari kandungan produk di tengah arus produk baru yang terus bermunculan,” ungkap Chrisanti.

Terdapat empat perubahan perilaku pelanggan kecantikan yang dibagikan oleh Social Bella.

Pertama, berkiblat ke ulasan produk

Ulasan produk menjadi andalan pelanggan sebelum memutuskan pembelian. Kini, beauty enthusiast semakin mengandalkan ulasan pelanggan lainnya sebagai bahan pertimbangan sebelum membeli produk.

Tak hanya itu saja, beauty enthusiast juga terdorong untuk berbagi ulasan atas produk yang mereka beli dan gunakan. Hal tersebut dilakukan sebab belakangan ini banyak sekali brand atau produk kecantikan baru yang hadir di Indonesia.

Kedua, kian selektif

Pelanggan hari ini kian selektif dalam memilih produk kecantikan. Dengan semakin banyaknya produk-produk kecantikan yang bermunculan, beauty enthusiast semakin mempunyai banyak pilihan dan selektif dalam memilih produk yang digunakan.

Ketiga, eksistensi brand lokal

Brand lokal semakin mendapatkan tempat di hati pelanggan. Sociolla mencatatkan adanya peningkatan penjualan hingga 66% di tahun 2021 untuk beberapa produk kecantikan yang berasal dari brand lokal.

Keempat, menuju pemulihan pandemi

Pelanggan semakin rindu mendapatkan pengalaman berbelanja offline. Inilah yang kemudian menginisiasi Social Bella untuk menerapkan konsep omnichannel di Sociolla Store.

“Kami melihat kedepannya integrasi layanan online dan offline akan menjadi jawaban dari kebutuhan para pelanggan kecantikan di tengah pandemi. Kami percaya, konsep omnichannel yang kami terapkan di Sociolla Store adalah masa depan untuk industri kecantikan di Indonesia,” tutup Chrisanti.

Editor: Muhammad Perkasa Al Hafiz

The Latest

To Top