Solusi Berbasis Teknologi, Perluas Jangkauan Pemasaran UKM

profile photo reporter Medikantyo Adhikresna
MedikantyoAdhikresna
24 Desember 2021
marketeers article
Pelaku usaha kecil menengah (UKM) harus menyiapkan solusi berbasis teknologi dalam strategi pemasaran miliknya, untuk menghadapi tantangan berbisnis memasuki 2022 nanti. Kemampuan pelaku mengambil peluang bisnis tahun depan memiliki andil besar, dalam menggerakkan roda perekonomian Indonesia dengan stabil.
Eksistensi pelaku UKM di Indonesia membutuhkan solusi bisnis berbasis teknologi, yang dapat meningkatkan serta memperluas jangkauan pemasaran produk mereka. Salah satu bentuk dukungan itu diberikan oleh Ralali.com, sebagai platform business-to-business (B2B) marketplace yang memiliki fokus memberdayakan UKM Indonesia.
Ralali mewujudkan dukungan tersebut dengan menyelenggarakan webinar UKM Outlook 2022 dengan mengusung tema Laju Bisnisku, Maju Indonesiaku  pada Kamis (23/12). Acara tersebut dihadiri oleh sejumlah pemangku kepentingan ekosistem UKM dengan pembicara kunci Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.
Pembicara lain yang turut hadir dalam webinar tersebut, antara lain President Indonesia Council for Small Business Jacky Mussry,  Kabid Jaringan Pemasaran usaha Mikro Kemenkop UKMBoni Suganda, Direktur Riset BRI Research Institute Anton Hendranata,  Wakil Walikota Payakumbuh Erwin Yunaz, dan Bupati Kendal Dico M Ganindito.
Ridwan menyebut pentingnya kolaborasi dan sinergitas dalam mewujudkan adopsi digital serta memajukan kesejahteraan pelaku UMKM, ketika memberikan pidato dalam webinar tersebut. Dua hal tersebut penting dilakukan oleh seluruh pemangku kepentingan dan pelaku UKM khususnya menyambut tantangan bisnis pada 2022 mendatang.
“Terima kasih kepada Ralali yang terus berupaya membantu meningkatkan adopsi digital secara cepat. Sekaligus menjadi sumber referensi bagi pelaku ekonomi khususnya pelaku usaha kecil menengah yang ingin meningkatkan kemajuan bisnis digitalnya,” kata Ridwan dalam pidatonya.
Joseph Aditya, CEO dan Founder Ralali, menekankan tujuan webinar UKM Outlook 2022 sebagai tinjauan terbaik bagi pelaku usaha menyongsong tantangan bisnis pada tahun depan. Strategi melalui penerapan adaptasi, transformasi, entrepreneurship, serta kolaborasi menjadi kuncir pergerakan UMKM untuk bertahan menghadapi era disrupsi.
“Ralali berkomitmen untuk memberikan kontribusi nyata bagi para pengusaha UKM Indonesia dengan menyelenggarakan acara perdana UKM Outlook 2022. Kami berinisiatif memberikan solusi dan strategi yang tepat untuk mempersiapkan para pelaku UKM memasuki pasar digital,” ujar Joseph saat memberikan pandangannya dalam webinar tersebut.
Selain mengadakan webinar UKM Outlook 2022, Ralali juga berencana memberi pelatihan daring secara berkesinambungan kepada pelaku UKM. Harapannya, pelatihan tersebut memberi dampak positif serta menginspirasi para pelaku UKM di penjuru wilayah Tanah Air untuk naik kelas.
 
Editor: Eko Adiwaluyo

Related