Finance

Strategi Allianz Utama Penuhi Kebutuhan Nasabah di era New Normal

Sumber: Allianz Utama

Meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap pentingnya kesehatan memancing perubahan pola hidup baru. Di era pandemi yang menyebabkan adanya aturan pembatasan menjadi faktor terbesar perubahan ini. Hal ini semata-mata sebagai bentuk adaptasi agar bisa survive di tengah pandemi.

Adanya perubahan pola hidup ini menuntut berbagai merek untuk ikut menyesuaikan diri dengan lanskap pasar. Salah satunya asuransi. Seiring dengan pola hidup yang semakin mengarah ke digitalisasi, merek asuransi Allianz Utama baru saja meluncurkan portal klaim digital untuk asuransi kendaraan bermotor dan asuransi perjalanan.

“Digitalisasi menjadi tantangan sekaligus peluang bagi setiap pelaku industri, terutama industri keuangan. Di waktu seperti inilah saat yang tepat untuk menunjukkan inovasi yang membuat hidup semakin efektif dan efisien,” kata Peter van Zyl, Presiden Direktur Allianz Utama Indonesia.

Dilanjutkan, dengan adanya portal klaim digital ini nasabah Allianz Utama bisa mengajukan klaim melalui laman www.allianz.co.id. Proses klaim dimulai dengan melengkapi formulir elektronik, mengunggah foto dan dokumen pendukung yang disyaratkan. Nantinya, pengajuan akan ditangani langsung oleh Claim Handler. Peter mengatakan nasabah juga bisa mengontrol status pengajuan klaim melalui portal ini.

Selain pengembangan portal klaim, kini Allianz Utama juga menawarkan layanan utama, yaitu video call interaktif untuk survei klaim asuransi kendaraan bermotor dan asuransi properti dan survei penutupan asuransi properti.

“Lewat layanan ini, kami memfasilitasi nasabah yang memerlukan proses klaim tatap muka, tapi tidak ingin menanggung risiko atau menerapkan physical distancing,” tambah Ignatius Hendrawan, Head of Claims Management Allianz Utama Indonesia.

Lebih lanjut, Peter mengatakan bahwa rangkaian strategi digitalisasi ini menjadi cara Allianz Utama untuk meningkatkan layanan nasabah. Menurutnya, melalui strategi ini, Allianz Utama dapat meningkatkan retensi terhadap nasabah sekaligus mengundang nasabah baru.

“Kami selalu mendengarkan suara nasabah dan mencatat keinginan mereka terhadap layanan Allianz. Baru-baru ini, kami mendapatkan rating sangat puas senilai 4,7 dari total 5 poin dari nasabah asuransi kendaraan Allianz Utama. Hal ini tentu jadi kabar baik yang harus dipertahankan,” tutup Peter.

MARKETEERS X








To Top