Strategi Bank Mandiri Terapkan Prinsip ESG dalam Kegiatan Operasional

marketeers article
Ilustrasi kantor Bank Mandiri. (FOTO: Bank Mandiri)

Bank Mandiri telah berkomitmen untuk terus memberikan dorongan bagi penerapan prinsip environment, social and governance (ESG). Hal itu pun diterapkan dalam aspek operasional dari perusahaan pelat merah tersebut.

Alexandra Askandar, Wakil Direktur Utama Bank Mandiri mengatakan, operasional perusahaan dikemas dengan mengintegrasikan prinsip-prinsip keuangan berkelanjutan ke dalam kurikulum pembelajaran untuk menciptakan Mandirian (sebutan untuk pegawai Bank Mandiri) yang unggul dalam mengimplementasikan nilai-nilai keberlanjutan pada seluruh proses bisnis.

Bank Mandiri pun memberikan reward kepada para pegawainya dengan mengedepankan prinsip competitiveness dan fairness. Reward yang diberikan kepada pegawai dapat bersifat finansial maupun non-finansial yang disesuaikan dengan kemampuan Bank Mandiri, salah satu contohnya berupa Mandiri Employee Award yang dilangsungkan setiap tahun sebagai momentum apresiasi atas skill and knowledge development pegawai.

BACA JUGA: Dinosaurus, Darmawan Junaidi, dan Strategi Transformasi Bank Mandiri

“Manajemen mengapresiasi unit kerja yang telah menunjukan upaya konkret memenuhi misi sebagai Sustainability Champion di sektor perbankan nasional dan mengintegrasikan aspek ESG dalam operasinya sehari-hari,” kata Alexandra Askandar dikutip dari website Bank Mandiri, Selasa (21/5/2024).

Berikutnya, beberapa inisiatif lain yang diterapkan adalah Integrated Digital Processing. Inisiatif hadir sebagai progra digitalisasi proses persetujuan transaksi guna meminimalkan penggunaan kertas dan menekan emisi.

Bank Mandiri juga memiliki inisiatif lainnya yang terus berusaha diterapkan pada gedung dalam wilayah operasional bank, diantaranya adalah menggunakan System Water Recycle with Reverese Osmosis.

BACA JUGA: Tahapan Xpresi BCA: Pilihan Favorit Gen Z untuk Tabungan Masa Kini

Sistem ini merupakan sistem yang dapat mengolah air limbah menjadi air dengan baku mutu standar yang sesuai sehingga dapat digunakan untuk penyiraman tanaman dan chiller pada sistem pendingin udara. Sistem ini telah diterapkan di Gedung Kantor Pusat, Menara Mandiri Jakarta, dan Wisma Mandiri.

“Dengan mengintegrasikan ESG dalam berbagai aspek operasional, bisnis, hingga pengembangan sumber daya manusia atau human capital development secara konsisten, perusahaan berproses semakin dekat untuk mencapai visinya sebagai Indonesia’s Sustainability Champion for a Better Future,” ujarnya.

Related