Strategi Bridgestone Indonesia dalam Mendorong Sustainibilty

marketeers article
Strategi Bridgestone Indonesia dalam Mendorong Sustainibilty. (Bridgestone Indonesia)

Bridgestone Indonesia punya berbagai strategi untuk terus mendorong sustainability perusahaan di Tanah Air. Salah satunya, lewat delapan vektor Bridgestone E8 Commitment yang di antaranya adalah Energi, Ekologi, Efisiensi.

Bridgestone Indonesia pun melakukan berbagai langkah untuk mereduksi emisi buang CO2, melalui penggantian lampu penerangan di dalam (indoor) fasilitas produksi pabrik Karawang, dari tipe neon piijar biasa menjadi lampu neon LED.

Alhasil, perusahaan mampu mengurangi emisi buang CO2 hingga 1.662-ton, turun 19% atau setara dengan penghematan hingga Rp 3 miliar per tahun.

“Kami menyadari bahwa upaya dalam melakukan continuous improvement khususnya mereduksi emisi CO2, merupakan salah satu cara untuk terus mendorong pertumbuhan bisnis jangka panjang yang bertanggung jawab terhadap lingkungan,” kata Mukiat Sutikno, Presiden Direktur Bridgestone Indonesia dalam laporannya, Rabu (29/5/2024).

BACA JUGA: Lampaui Target, PIS Berhasil Tekan 25.445 Ton Emisi Karbon

Selain itu, pengurangan emisi CO2 pada fasilitas produksi juga dilakukan melalui penggantian motor alat extruder, yakni alat yang digunakan untuk pemampatan bahan karet menjadi beragam bentuk dan material, dari model DC ke AC. Langkah ini mampu menekan emisi buang hingga 296-ton atau penghematan menjadi 389.277 kwh untuk penggunaan listrik, turun 19% dibandingkan sebelumnya.

“Selain tentunya dengan terus berinovasi menghadirkan produk kualitas tertinggi yang mengacu pada nilai-nilai comfort, stability, dan safety yang menjadi DNA setiap produk Bridgestone Indonesia,” ujar Mukiat.

Baru baru ini, Bridgestone Indonesia berhasil meraih penghargaan Best CO2 Reduction dan Excellent in Quality dari Honda Prospect Motor (HPM), sebagai APM dari Honda pada ajang HPM Supplier Conference.

BACA JUGA: Dukung SDGs, Program DEB Pertamina Sukses Tekan 729 Ribu Ton Emisi

Perusahaan meraih penghargaan Best CO2 Reduction melalui tiga tahapan, seleksi tahap pertama yakni lima perusahaan pemasok dengan penurunan CO2 terbesar. Kemudian lanjut ke tahap seleksi tiga terbaik perusahaan pemasok dengan genba (melihat lokasi sebenarnya) lewat aktivitas penurunan CO2 dengan ide terbaik, dan terakhir presentasi final tiga perusahaan pemasok terbaik.

Untuk kategori penghargaan Best Excellent Quality, pemberian penghargaan mengacu pada performa dari kualitas produk ban Bridgestone Indonesia, yaitu berdasar catatan HPM. Bridgestone Indonesia sebagai salah satu supplier ban resmi Honda, tidak memiliki quality claim sepanjang 2023.

HPM Supplier Conference sendiri merupakan acara tahunan yang rutin digelar HPM untuk menunjukkan penghargaan kepada pemasok atas upaya mereka dalam berbagai bidang kemitraan dan rantai pasokan.

Editor: Ranto Rajagukguk

Related