Strategi Cole Haan Lengkapi Journey Konsumen Sepatu Tanah Air

profile photo reporter Muhammad Perkasa Al Hafiz
MuhammadPerkasa Al Hafiz
06 Oktober 2022
marketeers article
Lee Walker, Vice President Footwear & Active Brands Kanmo Group (Foto: Kanmo Group)

Merek sepatu asal Amerika Serikat Cole Haan menggarap pasar Indonesia dengan melengkapi customer journey dengan beragam strategi. 

Terbaru, Cole Haan menghadirkan kampanye dan koleksi baru sembari memperkenalkan kanal penjualan berbasis website. Di bawah kampanye Work For What You Believe In, merek ini mengerahkan ketiganya untuk menginspirasi generasi pekerja masa kini untuk dapat bekerja berdasarkan prinsip hidup mereka. 

Membidik konsumen dari lintas generasi, Cole Haan menawarkan pilihan sepatu yang nyaman dan menawan guna meningkatkan penampilan saat bekerja. Bagi perusahaan, pemilihan alas kaki dengan desain yang mewah merupakan kunci untuk meningkatkan penampilan dan kepercayaan diri saat bekerja.

Untuk mengkomunikasikan misi tersebut, perusahaan belum lama ini menggelar intimate gathering bersama para VIP member, influencer, media, dan dua tamu spesial. 

Koleksi sepatu baru (Foto: Kanmo Group)

“Kami berharap kegiatan intim dan spesial ini dapat merayakan kinerja para pembuat perubahan di Indonesia sehingga menjadi inspirasi bagi pemuda dalam berkarya sesuai dengan passion yang mereka miliki,” ucap Lee Walker, Vice President Footwear & Active Brands Kanmo Group, distributor resmi Cole Haan di Indonesia di gerai Cole Haan Grand Indonesia, Jakarta, Rabu (5/10/2022).

Dalam merayakan kampanye ini di Indonesia, Cole Haan mengundang Mike Lewis (pialang, aktor dan model) dan Reza Andriyanto (aktivis dan advokat gaya hidup sehat) untuk berbagi kisah perjalanannya dalam mewujudkan mimpi menjadi kenyataan. Keduanya berbagai pandangan mengenai passion, memaknai pekerjaan, hingga referensi alas kaki.

Reza Andriyanto dan Mike Lewis (Foto: Kanmo Group)

Selanjutnya, perusahaan meluncurkan kanal penjualan berbasis website di colehaan.co.id. Kehadiran situs belanja daring ini menjadi awal dari langkah perusahaan melebarkan sayap Cole Haan ke seluruh Indonesia. 

“Kami berharap kehadiran situs belanja ini dapat semakin meningkatkan motivasi pelanggan dalam mewujudkan karya mereka menggunakan sepatu yang nyaman nan menawan, sesuai dengan kampanye Work for What You Believe In,” imbuh Lee Walker.

Segmentasi dan Karakter Konsumen

“Cole Haan hadir di pasar ini sejak tahun lalu. Di Indonesia, konsumen Cole Haan banyak datang dari konsumen yang lebih mature, mulai dari usia 25-41 tahun yang sedang mapan dan sudah mapan dalam hal ekonomi,” ujar Diza Anindita, Marketing General Manager of Footwear & Active Division Kanmo Group.

Diza melanjutkan, konsumen ini umumnya passionate terhadap sebuah produk dan mengutamakan kualitas, inovasi, dan suka dengan produk yang dinamis. Untuk itu, perusahaan mengutamakan tiga nilai, yakni inovasi, kualitas, dan kenyamanan dalam membangun positioning. 

Selain itu, perushaan melihat segmen ini kian kekurangan waktu untuk berbelanja secara offline lantaran telah disibukkan dengan berbagai aktivitas. Sebab itu, perusahaan mulai mengembangkan omnichannel untuk penjualan produk mereka. 

“Kami cukup percaya diri soal kredibilitas dan kepercayaan konsumen soal kualitas dari Cole Haan di pasaran. Dari sini, kami optimistis omnichannel akan diterima baik,” lanjut Diza. 

Meski begitu, Diza masih akan melihat bahwa penjualan offline masih akan tetap dominan. Pasalnya, pengalaman yang diberikan di gerainya tidak bisa digantikan oleh penjualan online.  Begitu juga dengan peran kanal online yang dapat menjangkau konsumen yang tidak terjangkau oleh gerai Cole Haan yang saat ini baru memiliki dua gerai, di Grand Indonesia dan PIM 3, Jakarta. 

“Soal aktivitas marketing, kami kerap masuk ke komunitas golf dan mengadakan program main golf bareng. Ke depan, kami sedang mencari peluang untuk masuk ke komunitas tertentu, termasuk ke pertemuan para pemimpin perusahaan,” tutup Diza. 

Related