Strategi Estetika dr. Affandi dalam Memperkuat Pasar Gen Z

marketeers article
Strategi Estetika dr. Affandi dalam Memperkuat Pasar Gen Z. (Marketeers)

Klinik Estetika dr. Affandi kini memfokuskan target pasar ke Generasi Z (Gen Z), mengingat populasi dan daya beli kelompok tersebut makin meningkat di Indonesia. Dengan memasuki pasar Gen Z, Estetika dr. Affandi dapat memperluas pangsa pasar di industri klinik kecantikan dan kesehatan.

“Untuk merangkul Gen Z secara lebih luas, kami melakukan evolusi dari sisi visual, kenyamanan, kualitas produk, dan aspek lainnya,” kata Zulfikar Tito, Marketing Manager Estetika dr. Affandi kepada Marketeers.com di Jakarta Marketing Week 2024, Kamis (16/5/2024).

Estetika dr. Affandi meluncurkan kampanye “Happy Jadi Diri Sendiri” yang dirancang khusus untuk menarik perhatian Gen Z. Berdasarkan survei yang mereka lakukan, ditemukan bahwa Gen Z cenderung ingin tampil unik, autentik, dan berbeda dari yang lain.

“Kampanye ini tidak hanya berfokus pada copywriting tetapi juga menggunakan warna yang lebih cerah dan mencolok, sesuai dengan karakter Gen Z yang suka berekspresi,” ujar Tito.

BACA JUGA: Industri Kecantikan Naik Daun, Tokopedia Beauty Awards Kembali Digelar

Tujuan utama kampanye ini adalah untuk memberikan manfaat emosional bagi pelanggan Gen Z, membuat mereka merasa lebih bahagia setelah berkunjung ke klinik, baik mereka datang dengan perasaan senang atau tidak.

Tito menjelaskan pelanggan Gen Z di klinik mereka mencapai sekitar 20% dan terus bertambah setiap tahunnya. Tren pelanggan mereka telah bergeser dari generasi baby boomer dan mature ke generasi Y, dan sekarang menyusul generasi Z.

“Gen Z biasanya mencari perawatan dasar seperti facial, peeling, dan laser, terutama untuk masalah jerawat dan kulit kusam, karena aktivitas mereka yang tinggi dalam berbagai komunitas dan UKM,” ucap Tito.

Penghargaan Marketeers Youth Choice Award 2024 yang diraih oleh Estetika dr. Affandi menjadi bukti bahwa klinik mereka masih mendapatkan perhatian dari Gen Z. Penghargaan ini juga menunjukkan efektivitas kampanye mereka, dan memperkuat posisi Estetika dr. Affandi di radar Gen Z.

BACA JUGA: Sasar Gen Z, Kominfo Luncurkan Kampanye Makin Cakap Digital

“Dengan penghargaan ini, kami dapat terus menjangkau Gen Z dan memenuhi kebutuhan mereka, serta membuat mereka merasa bahagia menjadi diri sendiri,” tutur Tito.

Editor: Ranto Rajagukguk

Related