Government & Public Services

Strategi Kota Bandung untuk Terus Sambut Investor

SUMBER: 123RF

Bandung mulai memasuki fase adaptasi kebiasaan baru dan mulai ditetapkannya status zona biru penyebaran COVID-19. Kendati demikian, pemerintah mengimbau masyarakat untuk tetap menjaga protokol kesehatan agar Bandung tidak lagi berada di zona kuning. Dengan status zona biru ini diharapkan perekonomian akan kembali tumbuh dengan baik.

Sebelumnya pemerintah Jawa Barat telah memberikan relaksasi untuk sejumlah kegiatan dengan pemberian kelonggaran. Dengan pelonggaran yang diberikan gubernur, sejumlah sektor pendorong ekonomi pun bergerak. Mal dan hotel mulai beroperasi. Namun, tetap dengan pengawasan ketat dan protokol kesehatan juga harus diperhatikan.

“Mudah mudahan ini bisa mengurangi dampak sosial maupun ekonomi yang terjadi di kota Bandung. Kami terus mendorong teman-teman di dinas terkait untuk terus berinovasi dan berkreasi. Sehingga banyak pelayanan masyarakat bisa berjalan dengan baik dan tidak terganggu di tengah pandemi,” ujar Wakil Walikota Bandung Yana Mulyana dalam acara MarkPlus Government Roundtable: Jawa Barat Destinasi Investasi Prioritas Indonesia di Era COVID-19.

Adanya relaksasi diharap mampu membantu meningkatkan perekonomian di masa sulit. Selain itu, juga dapat terus menarik investor. Mengenai hal tersebut, Yana menjelaskan Bandung telah menyiapkan sejumlah strategi di antaranya meningkatkan fasilitas dan pelayanan penanaman modal. Caranya adalah memberikan kemudahan dalam perizinan.

Mencipatkan iklim penanaman modal yang berdaya saing juga dinilai penting untuk tetap menarik bagi investor. Dan, mendorong pemerataan sumber kegiatan ekonomi, salah satunya tampak dari pengembangan Bandung Teknopolis Gedebage.

Tidak hanya menjalankan strategi yang telah disiapkan, pemerintah juga berharap masyarakat serta para pelaku usaha bisa ikut serta dalam upaya mendorong peningkatan ekonomi ini.

“Kami meminta komitmen yang kuat dari para pelaku usaha bisa melaksanakan standar protokol kesehatan yang ketat di masing-masing sektor. Salah satunya, pariwisata. Sehingga bisa meningkatkan rasa aman dan nyaman bagi pengunjung yang datang berwisata ke Bandung,” tutup Yana.

Editor: Ramadhan Triwijanarko

MARKETEERS X








To Top