Lifestyle & Entertainment

Strategi Traveloka Dongkrak Penjualan Selama Pandemi

PHOTO CREDIT: 123RF

Traveloka melalui unit bisnisnya yang berfokus di sektor gaya hidup, Traveloka Xperience meluncurkan layanan Online Xperience. Peluncuran layanan online tersebut sebagai salah satu strategi Traveloka mendongkrak penjualan perusahaan yang sempat terpukul. Di sisi lain, untuk membangkitkan kembali sektor pariwisata yang terdampak pandemi.

Online Xperience juga dirancang untuk mendorong pengguna agar tetap aktif dan mengasah keterampilannya di era new normal serta sebagai alternatif pendapatan untuk para pelaku industri di sektor ekonomi kreatif. Layanan ini dapat diakses melalaku kanal Traveloka Xperience di aplikasi Traveloka.

“Online Xperience menjadi manifestasi dari komitmen kami dalam beradaptasi dengan perubahan kebiasaan baru pengguna. Saat ini, pengguna mungkin masih enggan untuk beraktivitas di luar, namun perlu melakukan hal produktif,” ujar Christian Suwarna, CEO Traveloka Experience.

Layanan yang dapat diakses sejak 15 Juni 2020 lalu ini menawarkan konten eksklusif yang kreatif, inspiratif, dan edukatif dari para pelaku kreatif Indonesia. Pengguna dapat mengikuti program interaktif memasak, kesenian, gaya hidup sehat, hingga keterampilan usaha. Pengguna juga dapat melakukan diskusi interaktif dengan para host.

Sesi Online Xperience ditawarkan dengan harga mulai dari Rp 45 ribu hingga Rp 573 ribu, tergantung kelas yang dipilih. Harga tersebut sudah termasuk pembelian dan pengiriman material yang akan diuji coba dalam sesi pilihan.

Belum lama ini, Traveloka juga meluncurkan inisiatif Traveloka LIVEstyle Flash Sale untuk membantu para mitra hotel maupun restoran yang kesulitan pendapatan selama COVID-19. Strategi promosi oleh Traveloka ini menggabungkan konsel flash sale dengan kanal marketing berupa live stream.

“Program ini sebagai salah satu cara Traveloka untuk mengantisipasi konsumen yang cenderung berhati-hati dalam melakukan pengeluaran. Program ini sangat penting dalam meningkatkan gairah pasar terutama membantu para mitra untuk memasuki masa pemulihan dengan lebih cepat,” jelas Shirley Lesmana, Head of Marketing Traveloka Accomodation.

Traveloka LIVEstyle Flash Sale dikemas dalam format bincang santai serta berbagai konten menarik, seperti live tur virtual dan live auction untuk produk hotel, yang disiarkan di berbagai platform media sosial resmi Traveloka.

Melalui program Traveloka LIVEstyle Flash Sale pengguna mendapat informasi mengenai promosi serta diskon dari mitra hotel maupun restoran Traveloka. Inisiatif yang telah diluncurkan pada bulan Mei 2020 tersebut sudah diikuti oleh ratusan mitra hotel maupun restoran.

Editor: Eko Adiwaluyo

MARKETEERS X








To Top