Finance

Sukses Mengawal KB Bukopin, Rivan Purwantono Ditunjuk Jadi Dirut Jasa Raharja

Foto: Marketeers

President Director KB Bukopin Rivan A. Purwantono mendapat mandat baru dari Kementerian BUMN. Pria ini ditunjuk sebagai Direktur Utama PT Jasa Raharja (Persero). Penunjukkan ini diharapkan akan membawa angin segar pada Jasa Raharja.

Rivan adalah sosok penting dalam proses penyelesaian sengkarut di KB Bukopin beberapa waktu lalu. Seperti sudah diberitakan sebelumnya, terjadi perubahan kepemilikan saham terbesar di tubuh Bank Bukopin (sebelum berganti nama menjadi KB Bukopin). Kepemilikan saham terbesar beralih dari Bosowa Corporation ke KB Kookmin Bank.

Hal tersebut menimbulkan berbagai persoalan hukum. Namun, pada akhirnya semua masalah sudah selesai. KB Kookmin Bank menjadi Pemegang Saham Pengendali (PSP) dan Bosowa bersepakat untuk mendukung transformasi KB Bukopin.

Di bawah kepemimpinan Rivan, proses transformasi sejak September 2020 berhasil berjalan dengan mulus.  Berbagai upaya telah dikontribusikan pria ini untuk mengembalikan citra dan trust nasabah. Diawali dengan adanya penambahan modal dan dukungan likuiditas dari KB Kookmin Bank hingga resmi menjadi Pemegang Saham Pengendali, berlanjut ke proses rebranding untuk memperkuat brand image KB Bukopin.

”Mengingat kembali saat itu, saya merasa dukungan dari seluruh pihak sangat penting. Dukungan regulator, pemerintah, pemegang saham, media hingga solidaritas karyawan sangat dibutuhkan,” jelas Rivan.

Sejak Oktober 2020 hingga saat ini, KB Bukopin mendapatkan pengakuan atas penguatan dan perbaikan kondisi perseroan. Mulai dari kenaikan peringkat dari Fitch Ratings menjadi AAA dan disusul kenaikan peringkat Pefindo juga ke tingkat tertinggi idAAA pada Juni 2021.

“KB Kookmin Bank sebagai PSP telah mempersiapkan jajaran manajemen yang kuat. Perubahan susunan manajemen adalah hal yang wajar untuk perusahaan terbuka. Manajemen KB Bukopin akan melanjutkan hal-hal yang sudah kita capai bersama hingga saat ini, sehingga saya yakin ke depannya KB Bukopin akan semakin kuat dan mewujudkan misi menjadi bintang finansial Indonesia,” kata Rivan.

Sosok Rivan A Purwantono bukan orang baru di KB Bukopin, Rivan mengawali karirnya di Bukopin sejak tahun 2006 dan menjabat sebagai Private Banking Group Head. Melalui tangan dinginnya, terlahirlah inovasi satu bisnis baru dengan menciptakan Priority Banking dengan melakukan pengembangan segmen khususnya segmen konsumer dengan beberapa tahapan yakni mass, personal hingga prioritas. Hampir 15 tahun menjadi bagian dari KB Bukopin, Rivan memiliki karir yang cukup melesat mulai menjadi Kepala Divisi, General Manager hingga menjadi Direktur.

Sebagai figur yang aktif dan selalu melakukan inovasi di setiap perjalanan kariernya membuat Rivan dipercaya oleh Kementrian BUMN untuk menjadi Direktur Keuangan dan IT di PT KAI pada Mei 2020. KAI Acess merupakan kontribusi nyata yang diberikan Rivan meskipun hanya menjabat dalam kurun waktu 1 bulan 10 hari.  Selanjutnya, ia kembali ke KB Bukopin dan sekarang bergeser ke Jasa Raharja.

MARKETEERS X








To Top